Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/ 2019

N, RIZKA RAKHMAHWATI (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi virus kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini termasuk Quasy Experiment dengan Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah 5 kelas X MIPA SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster sampling dengan kelas X MIPA 4 sejumlah 35 peserta didik sebagai kelas kontrol dan X MIPA 1 sejumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah bervariasi sedangkan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes berupa 7 butir soal essai yang dikembangkan peneliti. Soal essai valid dengan validitas di atas 0,361 dan reliabel dengan reliabilitas 0,663. Uji hipotesis penelitian berupa analisis kovarian (anakova) menggunakan SPSS 19 dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi virus kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Kata kunci: discovery learning, kemampuan berpikir kritis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 13:29
    Last Modified: 14 Feb 2019 13:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43290

    Actions (login required)

    View Item