Analisis Butir dan Respon Siswa terhadap Soal NOSLit dalam Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa MA Negeri 2 Surakarta Menggunakan Rasch Model

ARIYANTI, WIWI (2019) Analisis Butir dan Respon Siswa terhadap Soal NOSLit dalam Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa MA Negeri 2 Surakarta Menggunakan Rasch Model. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah mengetahui hasil analisis butir dan respon siswa terhadap soal NOSLiT dalam mengukur kemampuan literasi sains siswa MA Negeri 2 Surakarta menggunakan Rasch Model. Penelitian ini berupa kuantitatif. Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 MA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa soal tes yang terdiri dari 30 butir pilihan ganda yang dibuat berdasarkan instrumen NOSLiT, dan angket yang terdiri dari 20 item pernyataan terhadap soal tes NOSLiT. Selanjutnya data hasil soal tes dan angket dianalisis dengan menggunakan Rasch Model. Hasil analisis butir soal NOSLiT menunjukkan bahwa nilai item measure soal nomor 27 adalah +4,30 logit menunjukkan bahwa soal tersebut adalah soal yang paling susah dikerjakan oleh siswa, dan hanya ada satu orang saja yang dapat menjawabnya dengan benar, sedangkan soal nomor 20 dengan nilai -1,97 logit merupakan soal yang paling mudah dikerjakan oleh siswa. Selanjutnya data hasil analisis respon siswa terhadap soal NOSLiT diperoleh person measure +0,61 logit yang mengindikasikan kecenderungan siswa menyatakan setuju terhadap pernyataan di berbagai item. Item pernyataan nomor 5 dan 20 merupakan item yang paling sukar disetujui oleh siswa, sedangkan item pernyataan nomor 13 merupakan item yang paling mudah disetujui oleh siswa. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Sains, NOSLiT, Rasch Model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 13:27
    Last Modified: 14 Feb 2019 13:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43289

    Actions (login required)

    View Item