PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa SD Kelas III SD Negeri Purwotomo No 97 Tahun Pelajaran 2017/2018)

WAHIDURAHMAN, NAZZA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa SD Kelas III SD Negeri Purwotomo No 97 Tahun Pelajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (105Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nazza Wahidurahman. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA SD KELAS III SD NEGERI PURWOTOMO NO 97 TAHUN PELAJARAN 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan keterampilan bereksperimen dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas III SD Negeri Purwotomo No 97 Tahun Pelajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas III SD Negeri Purwotomo No 97 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 18 siswa.Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik validitas data adalah validitas isi dan triangulasi teknik. Teknik analisis data adalah teknik kuantitatif deskriptif dan analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen pada siswa kelas III SD Negeri Purwotomo No 97 Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata keterampilan bereksperimen iswa, yaitu pada prasiklus sebesar 48,06 dengan ketuntasan klasikal sebesar 27,78%. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata meningkat menjadi 54,44 dengan ketuntasan klasikal sebesar 33,33%. Pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 63,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 44,44%. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata meningkat menjadi 75,28 dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,78%. Pada siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 79,72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,89%. Kata kunci: Quantum Teaching, Keterampilan Bereksperimen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 13:25
    Last Modified: 14 Feb 2019 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43288

    Actions (login required)

    View Item