Studi Evaluasi Penilaian Kognitif Dengan Teknik Tes Pilihan Ganda Berbantuan Aplikasi Edmodo Pada Pembelajaran PPKn Kelas X Di SMA Negeri 1 Ngemplak

NOVIYANI, NOVIYANI (2019) Studi Evaluasi Penilaian Kognitif Dengan Teknik Tes Pilihan Ganda Berbantuan Aplikasi Edmodo Pada Pembelajaran PPKn Kelas X Di SMA Negeri 1 Ngemplak. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (7Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Noviyani. K6414039. STUDI EVALUSI PENILAIAN KOGNITIF DENGAN TEKNIK TES PILIHAN GANDA BERBANTUAN APLIKASI EDMOdO PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS X DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2018. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses dan kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan penilaian kognitif dengan teknik tes pilihan ganda berbatuan aplikasi Edmodo pada pembelajaran PPKn kelas X di SMA Negeri 1 Ngemplak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik Sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan analisis dokumen. Guna memperoleh vaiditas data digunakan triangglasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan penilaian kognitif dengan teknik tes pilihan ganda berbasis aplikasi Edmodo meliputi 4 (empat) tahap yaitu persiapan, penyususnan instrumen soal kedalam aplikasi Edmodo, pelaksanaan, dan pengolahan hasil penilaian. Meski demikian belum sepenuhnya prosedur penilaian dapat dilaksanakan dengan baik. Selain itu juga terdapat kendala yang dihadapi guru diantaranya berupa kendala teknis dan non teknis. Kendala teknis Kendala teknis meliputi, a. Ketersediaan perangkat komputer; b. akses jaringan internet; c. penyusunan soal pilihan ganda ke dalam aplikasi Edmodo; dan d. peserta didik kesulitan mengakses akun Edmodo. Sedangkan kendala non teknis meliputi, a. kelas kurang kondusif dan b. perilaku peserta didik. Kata Kunci : Penilaian kognitif, tes, pilihan ganda, aplikasi Edmodo

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 13:15
    Last Modified: 14 Feb 2019 13:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43285

    Actions (login required)

    View Item