Analisis Kondisi Laboratorium Workshop dan Studio Pendidikan Teknik Bangunan terhadap Standar Minimal Laboratorium Workshop dan Studio Pendidikan Teknik Kejuruan Jenjang S1

RACHMATULLAH, OKY HUDA NUR (2019) Analisis Kondisi Laboratorium Workshop dan Studio Pendidikan Teknik Bangunan terhadap Standar Minimal Laboratorium Workshop dan Studio Pendidikan Teknik Kejuruan Jenjang S1. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (271Kb)

    Abstract

    Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi; (1) Luasan ruang terhadap pengguna pada LWS-PTB berdasarkan Permendikbud RI Nomor 40 Tahun 2008 dan standar minimal laboratorium pendidikan teknik kejuruan jenjang S-1 (SML-PTK) (2) tata ruang pada LWS-PTB berdasarkan Buku Data Arsitek Jilid 1 & Jilid 2 (3) Peralatan terhadap pengguna pada LWS-PTB berdasarkan SML-PTK. Tujuan penelitian di atas, dicapai dengan jalan penelitian kuantitatif asosiatif dengan pendekatan deskriptif. Cara tersebut diambil akibat penelitian ini membandingkan/ mengasosiasikan kondisi nyata dengan standarnya dengan kondisi data mayoritas penjelasan-penjelasan/ deskripsi yang dijadikan parameter kuantitas untuk mempermudah penjelasan hasil penelitian kepada pembaca. Teknik pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner oleh pengguna, lembar observasi kondisi, dan wawancara untuk pengelola. Data-data tersebut digunakan untuk menarik kesimpulan penelitian sehingga dapat dipaparkan konklusi berupa kesesuaian dari kondisi LWS-PTB terhadap standar yang berlaku. Hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwa; (1) Kondisi luasan ruang terhadap pengguna pada LWS-PTB tidak sesuai dengan standar Permendikbud RI Nomor 40 Tahun 2008 dan standar minimal laboratorium pendidikan teknik kejuruan jenjang S-1 (SML-PTK), dengan persentase kesesuaian sebesar 44,44%. (2) Kondisi tata ruang pada LWS-PTB tidak sesuai dengan standar Buku Data Arsitek Jilid 1 & Jilid 2, dengan persentase kesesuaian sebesar 33,33% (3) Kondisi peralatan terhadap pengguna pada LWS-PTB tidak sesuai dengan standar minimal laboratorium pendidikan teknik kejuruan jenjang S-1 (SML-PTK) dengan persentase kesesuaian sebesar 77,11%. Paparan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa kondisi Laboratorium, Workshop & Studio Pendidikan Teknik Bangunan secara umum belum sesuai dengan standar yang ada. Kata Kunci: analisis kondisi, laboratorium, workshop, studio.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 13:11
    Last Modified: 14 Feb 2019 13:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43283

    Actions (login required)

    View Item