EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TAI TERHADAP KEMAMPUAN PENGETAHUAN FISIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS X MIA SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

NAFIAH, DIAN (2019) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TAI TERHADAP KEMAMPUAN PENGETAHUAN FISIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS X MIA SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (416Kb)

    Abstract

    Dian Nafiah. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TAI TERHADAP KEMAMPUAN PENGETAHUAN FISIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS X MIA SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelejaran kooperatif tipe STAD dan TAI terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar pada materi Usaha dan Energi, (2) Mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara kerjasama siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar pada materi Usaha dan Energi, (3) Mengetahui ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dan kemampuan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas yakni kelas X MIA 2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 1 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dokumen, teknik tes, dan teknik observasi. Kajian dokumen berupa nilai Ulangan Akhir Semester Gasal. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan kognitif Fisika siswa setelah pembelajaran Fisika materi Usaha dan Energi. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data kemampuan kerjasama siswa selama pembelajaran materi Usaha dan Energi. Data dianalisis menggunakan ANAVA dua jalan dengan isi sel tak sama. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan: (1) Tidak ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division ) dan TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa. Hal ini disebabkan karena kedua model pembelajaran ini hampir sama (Fobs = 0,477< Ftabel = F0.05;1;61 = 4,00), (2) Ada perbedaan pengaruh antara kerjasama siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa. Siswa dengan kemampuan kerjasama tinggi memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kemampuan kerjasama rendah (Fobs = 47,98 > Ftabel = F0.05;1;61 =4,00), (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan TAI (Team Assisted Individualization) dengan kemampuan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa. (Fobs = 3,11< Ftabel = F0.05;1;61 = 4,00). Kata kunci : STAD, TAI, Kognitif, Kemampuan Kerjasama Siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 12:54
    Last Modified: 14 Feb 2019 12:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43280

    Actions (login required)

    View Item