Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Prisma dan Limas Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jaten Tahun Ajaran 2017/2018

Istiqomah, Diyah (2019) Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Prisma dan Limas Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jaten Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (23Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Diyah Istiqomah. K1313017. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik di antara pembelajaran matematika dengan menggunakan model NHT atau langsung; (2) prestasi belajar yang lebih baik di antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori atau kinestetik; (3) pada masing-masing model pembelajaran, yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori atau kinestetik; (4) pada masing-masing tipe gaya belajar, yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, model pembelajaran NHT atau langsung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jaten Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 20 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai UTS, metode angket untuk data gaya belajar dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi prisma dan limas. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Untuk persyaratan analisis, yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Liliefors untuk dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut (1) model NHT menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran langsung (2) siswa dengan gaya belajar auditori mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa dengan gaya belajar kinestetik(3) pada masing-masing model, siswa dengangaya belajar auditori mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa dengan gaya belajar kinestetik (4) pada masing-masing gaya belajar, siswa yang dikenai model NHT memperoleh prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran langsung. Kata Kunci: NHT, gaya belajar, prestasi belajar matematika. ABSTRACT Diyah Istiqomah. K1313013. EXPERIMENTATION STUDY OF COOPERATIVE LEARNING TYPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)ON SURFACE AREA AND VOLUME OF PRISM AND PYRAMID VIEWED FROM STUDENTS’ LEARNING STYLE OF AT 2ND GRADER OF JUNIOR HIGH SCHOOL STATE 2 JATEN IN ACADEMIC YEAR 2017/2018. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University. November 2018. The purposes of this research were to find out: (1) which one of learning model that produce better mathematics learning achievement between NHTmodeland or direct learning model; (2) which one of learning styles better mathematics learning achievement between among visual, auditory or kinesthetic learning styles (3) in each learning model, which had a better learning achievement (4) in each learning style, which model that had better learning achievement, NHT or direct learning model. This reseacrh used quasi experimental research. The population of the reseachis all of the students from 2nd grade in SMP Negeri 2 Jaten in the academic year of 2017/2018. The sampling technique is cluster random sampling. Instrument test is conducted in SMP Negeri 20 Surakarta. The technique use to collect the data documentation, questionnaire and test. Documentation is used to collect the student’s score from midterm semester test. Student are given a questionnare about student’s learning style to know their learning style. Test is used to know the student’s achievement in mathematics on surface area and volume of prism and pyramid. Technique used data analysis is variance analysis with unequal cell two ways, continued by post-test using post anava, with double comparison using Scheffe method. For analysis requirement, that is normal distribution population is using Lilliefors test. In addition, for the population which has homogenous variance is analyzed by using Bartlett method. Based on the result analysis in this research, it can be concluded that (1) NHT produced a better student’s achievement than the direct learning model (2) the students with auditory learning style have better learning achievement than students with visual and kinesthetic, while students with visual learning styles have a better learning achievement than students with kinesthetic learning styles; (3) in each learning model, the students with auditory learning style have better learning achievement than students with visual and kinesthetic, while students with visual learning styles have better learning achievement than student with kinesthetic; (4) in each category of student learning style that is visual, auditory and kinesthetic, cooperative learning style at type NHT produced a better student’s achievement in mathematics than the direct learning model. Keywords:NHT, Learning Style, Mathematic Learning Achievement.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 12:45
    Last Modified: 14 Feb 2019 12:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43276

    Actions (login required)

    View Item