ANALISIS AKTIVITAS METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

Tuti, Dewi Setyas (2019) ANALISIS AKTIVITAS METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) aktivitas metakognisi siswa kelas XI IPS 3 SMAN 4 Surakarta dengan gaya kognitif reflektif dalam pemecahan masalah matematika, dan (2) aktivitas metakognisi siswa kelas XI IPS 3 SMAN 4 Surakarta dengan gaya kognitif impulsif dalam pemecahan masalah matematika. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 4 Surakarta yang terdiri dari 3 orang siswa untuk masing-masing gaya kognitif. Prosedur pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Data siswa bergaya kognitif reflektif dan impulsif diperoleh dari hasil tes menggunakan tes Matching Familiar Figure Test (MFFT), sedangkan data tentang aktivitas metakognisi siswa diperoleh dari hasil wawancara berbasis tugas. Validasi data menggunakan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas metakognisi siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam pemecahan masalah matematika yaitu: (a) aktivitas mengembangkan perencanaan, yaitu dapat mengetahui yang diketahui ataupun yang ditanyakan dari soal, dapat menentukan tujuan pemecahan masalah, dapat menyusun rencana penyelesaian, dan dapat mencari hubungan dengan ingatannya yang terkait dengan soal. (b) aktivitas memonitor pelaksanaan, yaitu meyakini jalan yang dipilih benar, menetapkan hasil, melakukan langkah-langkah dengan mantap, mengecek kebenaran langkah, melihat cara yang berbeda, dan menganalisis kesesuaian rencana yang dibuat dengan pelaksanaan. (c) aktivitas mengevaluasi tindakan, yaitu mengecek kelebihan dan kekurangan yang sudah dilakukan, melakukan dengan cara yang berbeda, yakin dapat menerapkan cara yang telah digunakan untuk soal lain, memperhatikan cara kerja sendiri, dan mengevaluasi pencapaian tujuan. (2) aktivitas metakognisi siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam pemecahan masalah matematika yaitu: (a) aktivitas mengembangkan perencanaan, yaitu dapat mengetahui yang diketahui ataupun yang ditanyakan dari soal, dapat menentukan tujuan pemecahan masalah, dapat menyusun rencana penyelesaian, dan dapat mencari hubungan dengan ingatannya yang terkait dengan soal. (b) aktivitas memonitor pelaksanaan, yaitu menetapkan hasil dan menganalisis kesesuaian rencana yang dibuat dengan pelaksanaan. (c) aktivitas mengevaluasi tindakan, yaitu memperhatikan cara kerja sendiri, dan mengevaluasi pencapaian tujuan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 12:41
    Last Modified: 14 Feb 2019 12:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43274

    Actions (login required)

    View Item