Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Media Diagram V untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2017/2018

DINDA, LUTHFIYA (2019) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Media Diagram V untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dengan media diagram V pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dengan media diagram V. Persentase ketercapaian sikap ilmiah siswa pada pra-siklus adalah 31,14%, pada siklis I meningkat menjadi 82,86%. Persentase ketuntasan siswa untuk aspek pengetahuan pada siklus I adalah 40%, kemudian meningkat menjadi 71% pada siklus II. Ketuntasan aspek sikap pada siklus I sebesar 91,43%, dan ketuntasan aspek keterampilan pada siklus I sebesar 85,71%. Kata Kunci: inkuiri terbimbing (Guided Inquiry), diagram V, sikap ilmiah, prestasi belajar, hidrolisis garam.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 12:39
    Last Modified: 14 Feb 2019 12:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43273

    Actions (login required)

    View Item