Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Empat Lapis (Four-Tier Multiple Choice) pada Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta

Azka, Nuria (2019) Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Empat Lapis (Four-Tier Multiple Choice) pada Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (176Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya miskonsepsi pada materi larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 dan menentukan tingkat miskonsepsi pada materi larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes diagnostik dan wawancara. Tes diagnostik yang digunakan adalah tes diagnostik pilihan ganda empat lapis (four-tier multiple choice) sejumlah 13 soal yang terdiri dari jawaban, tingkat keyakinan jawaban, alasan dan tingkat keyakinan alasan. Hasil penelitian didapatkan : (1) terdapat miskonsepsi pada materi larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA 1 dan 2 SMA Negeri 1 Suarakarta tahun ajaran 2017/2018 yakni pada subkonsep komponen-komponen larutan penyangga dan sifat larutan penyangga. (2) tingkat miskonsepsi siswa tergolong pada level rendah yakni pada subkonsep komponen-komponen larutan peyangga dan sifat larutan penyangga berturut-turut sebesar 1,50% dan 13,66%. Kata Kunci : larutan penyangga, miskonsepsi, tes diagnostik miskonsepsi empat lapis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 12:36
    Last Modified: 14 Feb 2019 12:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43272

    Actions (login required)

    View Item