ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS XI BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Afifah, Rahma Nur (2019) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS XI BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (7Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) kesesuaian materi bahan terhadap KI-KD yang ada di Permendikbud No.24 pada tahun 2016 antara BSE dan buku terbitan Intan Pariwara, (2) kelayakan isi (materi ajar) berdasarkan kriteria BSNP antara BSE dan buku terbitan Intan Pariwara, (3) sebaran soal latihan yang ditinjau dari Taksonomi Bloom antara BSE dan buku terbitan Intan Pariwara. Subjek penelitian adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika Kelas XI dan buku Matematika Kelas XI terbitan Intan Pariwara. Prosedur pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Validasi data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara keseluruhan materi dalam BSE sudah sesuai dengan KI-KD yang terdapat dalam Permendikbud No.24 pada tahun 2016, tetapi terdapat KD yang tidak sesuai yaitu KD 3.6 Materi Barisan dan Deret karena BSE tidak memuat materi tentang jumlah barisan aritmatika dan geometri. Materi dalam buku terbitan Intan Pariwara sudah sesuai dengan KI-KD yang terdapat dalam Permendikbud No.24 pada tahun 2016, (2) Kelayakan isi (materi ajar) BSE adalah 81,99% (kategori baik) sedangkan buku Intan Pariwara adalah 86,78% (kategori sangat baik), (3) sebaran soal latihan pada BSE sebesar 50,96% (LOTS) dan 49,04% (HOTS) sedangkan untuk buku terbitan Intan Pariwara sebesar 40,08% (LOTS) dan 59,92% (HOTS)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 12:34
    Last Modified: 14 Feb 2019 12:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43271

    Actions (login required)

    View Item