PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DISKUSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SUHU, KALOR, DAN PERPINDAHAN KALOR

PERMATAHATI, LUTHFIYA KURNIA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DISKUSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SUHU, KALOR, DAN PERPINDAHAN KALOR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (86Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Luthfiya Kurnia Permatahati. K2315046. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DISKUSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SUHU, KALOR, DAN PERPINDAHAN KALOR. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray melalui metode eksperimen dan diskusi terhadap hasil prestasi belajar kognitif siswa; (2) ada tidaknya perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi dan rendah siswa terhadap hasil prestasi belajar kognitif siswa; (3) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Sampel terdiri dari siswa 2 kelas yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis dan tes kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalan dengan desain faktorial 2x2 dengan taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan software SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian pada materi Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 dapat disimpulkan: (1) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray melalui metode diskusi dan eksperimen terhadap hasil prestasi belajar kognitif Fisika siswa. Namun, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran TSTS melalui metode diskusi dan eksperimen terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (2) Ada perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi dan rendah terhadap hasil prestasi belajar kognitif Fisika siswa di mana perbedaan prestasi belajar kognitif tersebut signifikan; (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran Two Stay Two Stray melalui metode diskusi dan eksperimen dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar kognitif Fisika siswa. Kata kunci : Two Stay Two Stray (TSTS), Metode Diskusi, Metode Eksperimen, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar Kogntif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 12:12
    Last Modified: 14 Feb 2019 12:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43269

    Actions (login required)

    View Item