Analisis Pengaruh Perubahan Jenis Komoditi Tambak Terhadap Perbedaan Tingkat Kesejahteraan Petani Tambak di Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal Tahun 2017

Adhia, Aulia Nur (2019) Analisis Pengaruh Perubahan Jenis Komoditi Tambak Terhadap Perbedaan Tingkat Kesejahteraan Petani Tambak di Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal Tahun 2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (150Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aulia Nur Adhia. ANALISIS PERUBAHAN JENIS KOMODITI TAMBAK TERHADAP PERBEDAAN TINGKAT KESEJAHTERAAN PETANI TAMBAK DI KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL TAHUN 2017 (Sebagai Bahan Materi dalam Pembelajaran kelas XI IPS pada Kompetensi Dasar Pembelajaran Potensi dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan Indonesia). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perubahan jenis tambak dari tahun 2007 hingga tahun 2017 (2) mengetahui perbedaan tingkat kesejahteraan petani tambak di Kecamatan Tegal Timur tahun 2017 . (3) mengetahui penyusunan hasil penelitian sebagai bahan pengayaan materi pembelajaran geografi SMA kelas XI IPS pada kompetensi dasar Potensi dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan keruangan. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah seluruh petani tambak bandeng dan tambak udang putih (Litopenaeus vannamei) yang ada di Kecamatan Tegal Timur. Sampel yang digunakan adalah seluruh petani tambak bandeng dan tambak udang putih (Litopenaeus vannamei) yang ada di Kecamatan Tegal Timur dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi lapangan, dan wawancara. Analisis data menggunakan skoring, dan deskriptif kalitatif. Hasil penelitian sebagai berikut ini: (1) Perubahan jenis tambak dari tambak bandeng ke tambak udang putih (Litopenaeus vannamei) terjadi mulai tahun 2012. (2) Tingkat perbedaan kesejahteraan kelarga petani bandeng dan petani udang putih (Litopenaeus vannamei) berada di tingkat yang sama yaitu tinggi, namun ada perhitungan berdasarkan tiap indikator, kedua komoditi memiliki tingkat kesejahteraan yang berbeda tiap indikatornya. (3) hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan pengayaan pembelajaran geografi di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XI dalam kompetensi dasar 4.1 yaitu Pembelajaran Potensi dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan Indonesia Kata Kunci : Bandeng, Udang Putih, Kesejahteraan Petani Bandeng, Kesejahteraan Petani Udang Putih.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 13 Feb 2019 08:16
    Last Modified: 13 Feb 2019 08:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43257

    Actions (login required)

    View Item