Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun

E, Arsiana Vevi (2019) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (64Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Arsiana Vevi Ekawati. K8114009.HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosi anak usia 5-6 tahun. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling berjumlah 78 orang tua dan anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Kismoyoso, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara semua tipe pola asuh yaitu otoriter, demokratis dan permisif dengan kecerdasan emosi anak usia 5-6 tahun. Hubungan antara pola asuh demokratis dengan kecerdasan emosi anak usia 5-6 tahun memiliki hubungan yang paling baik diantara tipe pola asuh yang lain. Dimana semakin sering dan konsisten menerapkan pola asuh demokratis maka kecerdasan emosi anak semakin tinggi. Saran yang dapat direkomendasikan, bagi orang tua dalam memilih pola asuh memiliki kecenderungan dari masing-masing tipe pola asuh baik otoriter, demokratis dan permisif. Orang tua dengan pola asuh yang demokratis akan berdampak pada anak yang memiliki kecerdasan emosi yang lebih tinggi. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosi, Anak Usia Dini

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 13 Feb 2019 08:16
    Last Modified: 13 Feb 2019 08:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43255

    Actions (login required)

    View Item