ANALISIS DAYA DUKUNG LAHAN UNTUK ARAHAN PENGEMBANGAN PERMUKIMAN DAERAH ALIRAN SUNGAI JLANTAH HULU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2016

HIDAYAT, ARIS (2019) ANALISIS DAYA DUKUNG LAHAN UNTUK ARAHAN PENGEMBANGAN PERMUKIMAN DAERAH ALIRAN SUNGAI JLANTAH HULU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (7Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aris Hidayat. K5412017. ANALISIS DAYA DUKUNG LAHAN UNTUK ARAHAN PENGEMBANGAN PERMUKIMAN DAERAH ALIRAN SUNGAI JLANTAH HULU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2016 (Untuk Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi Kelas XI SMA Pada Kompetensi Dasar Mengevaluasi Tindakan yang Tepat dalam Pelestarian Lingkungan Hidup Kaitannya dengan Pembangunan yang Berkelanjutan). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Oktober, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat kesesuaian lahan untuk permukiman di DAS Jlantah Hulu tahun 2016, (2) Tingkat daya dukung lahan untuk permukiman di DAS Jlantah Hulu tahun 2016, (3) Arahan pengembangan permukiman di DAS Jlantah Hulu tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode survei dengan pendekatan keruangan. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, analisis laboratorium, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan (1) analisis tingkat kesesuaian lahan untuk peermukiman, (2) analisis daya dukung lahan untuk permukiman, (3) dan analisis SWOT untuk arahan pengembangan permukiman. Hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat kesesuaian lahan untuk permukiman di DAS Jlantah Hulu tahun 2016 dibagi kedalam 5 kelas yaitu (a) Kelas Sangat Baik (S1) dengan luas 9,026 hektar, (b) Kelas Baik (S2) dengan luas 145,053 hektar, (c) Kelas Sedang (S3) dengan luas 510,823 hektar, (d) Kelas buruk (N1) dengan luas 1516,913 hektar, (e) Kelas Sangat Buruk (N2) dengan luas 29,076 hektar.(2) Daya dukung lahan di zona kesesuaian lahan sangat baik dan baik termasuk dalam kategori daya dukung lahan tinggi seluas 154,079 hektar. (3) Arahan pengembangan permukiman dengan analisis SWOT dan analisis tata ruang, yairtu (a) Memaksimalkan pembangunan permukiman dengan memanfaatkan lahan yang memiliki kesesuaian lahan sangat baik dan DDPm tinggi, (b) Memanfaatkan posisi sebagai pusat kegiatan desa untuk lebih mudah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pelestarian lingkungan, (c) Membuat teras dengan kontruksi baik pada zona yang memiliki kemiringan lereng agak curam. (d) Melakukan rekayasa teknik sipil untuk mengatasi daya dukung tanah sedang dan rendah serta kembang kerut tanah sedang dan tinggi. Kata Kunci: Lahan, Permukiman, Evaluasi Kesesuaian Lahan Permukiman, Daya Dukung Lahan Permukiman, Arahan Pengembangan Permukiman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 13 Feb 2019 08:16
    Last Modified: 13 Feb 2019 08:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43254

    Actions (login required)

    View Item