Upaya Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Akuntansi Dasar Melalui Penerapan Metode Team Game Tournament dengan Media Permainan Ular Tangga pada Siswa Kelas X-D Akuntansi SMK Wikarya Karanganyar

Handayani, Anik (2019) Upaya Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Akuntansi Dasar Melalui Penerapan Metode Team Game Tournament dengan Media Permainan Ular Tangga pada Siswa Kelas X-D Akuntansi SMK Wikarya Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anik Handayani. K7414005. UPAYA PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR MELALUI PENERAPAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS X-D AKUNTANSI SMK WIKARYA KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, September 2018. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah memperoleh informasi terkait: 1) peningkatan prestasi belajar akuntansi dasar melalui penerapan metode Team Game Tournament dengan media permainan ular tangga pada siswa; dan 2) peningkatan motivasi belajar akuntansi dasar melalui penerapan metode team game tournament dengan media permainan ular tangga pada siswa kelas X-D Akuntansi SMK Wikarya Karanganyar. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-D Akuntansi SMK Wikarya Karanganyar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner, dokumentasi, wawancara, tes, dan observasi. Validitas isi dan teknik triangulasi digunakan dalam penelitian untuk menguji validitas instrumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode TGT berbantu media permainan ular tangga dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar. Pada siklus 1 terjadi peningkatan dari pratindakan dengan hasil persentase ketuntasan belajar sebesar 46,67% dan motivasi belajar siswa dengan kategori tinggi dengan persentase 50%. Pelaksanaan siklus 2, indikator kinerja telah tercapai dengan persentase prestasi belajar sebesar 86,67% dan motivasi belajar sebesar 80%. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode TGT dengan media permainan ular tangga dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi dasar pada siswa kelas X-D Akuntansi SMK Wikarya Karanganyar, hal ini ditunjukkan dari peningkatan hasil penelitian pada tiap siklusnya. Kata kunci: prestasi belajar, motivasi belajar, metode Team Game Tournament, media permainan ular tangga, pembelajaran akuntansi dasar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 13 Feb 2019 08:17
    Last Modified: 13 Feb 2019 08:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43251

    Actions (login required)

    View Item