Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Insecure Attachment Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Jatipurno Wonogiri

ARINI, ANA ROSITA (2019) Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Insecure Attachment Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Jatipurno Wonogiri. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (228Kb)

    Abstract

    ABSTRACT Ana Rosita Arini, K8114004. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP INSECURE ATTACHMENT ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA JATIPURNO WONOGIRI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, November 2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARIAS terhadap insecure attachment anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan design Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel penelitian ini sejumlah 42 anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Jatipurno dan TK Dharma Wanita Jatipurno. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan kolmogorov smirnov dan levene test for equality of variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan SPSS 23 for Windows. Hasil analisis data pada uji independent sample t-test menunjukkan rata-rata pretest pada kelompok eksperimen 21,24 dan rata-rata posttest kelompok eksperimen 28, 38 sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol dari 21,24 pada saat pretest meningkat menjadi 23,19 pada saat posttest. Analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 dimana dasar pengambilan keputusan jika nilai signifikansi ρ > 0,05. Hasil analisis data menunjukkan terdapat efektivitas model pembelajaran ARIAS terhadap insecure attachment anak kelompok B. Hal ini dibuktikan bahwa hampir seluruh anak pada kelompok eksperimen sudah mampu bekerjasama, berani bertanya, mampu menyelesaikan tugas secara mandiri serta terdapat peningkatan pada indikator yang lain. Kata kunci : model pembelajaran ARIAS, insecure attachment, usia 5-6 tahun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 13 Feb 2019 08:16
    Last Modified: 13 Feb 2019 08:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43250

    Actions (login required)

    View Item