Analisis Efisiensi Pemasaran Wortel di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar

HARTANTO, ADHITYA ERI (2019) Analisis Efisiensi Pemasaran Wortel di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (122Kb)

    Abstract

    ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN WORTEL DI KECAMATAN TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR Adhitya Eri Hartanto, Kusnandar, Susi Wuri Ani Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengkaji pola saluran pemasaran wortel di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, (2) Mengkaji peran dan fungsi dari lembaga pemasaran wortel di kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, (3) Mengetahui biaya dan keuntungan pemasaran wortel ditingkat petani dan lembaga pemasaran dalam saluran pemasaran wortel, (4) Menganalisis marjin dan mengkaji saluran pemasaran wortel di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar yang paling efisien secara ekonomis. Metode yang digunakan berupa metode survey dan snowball sampling dengan jumlah sampel 40 petani wortel di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis saluran pemasaran, (2) Peran dan fungsi lembaga pemasaran, (3) Analisis biaya dan keuntungan pemasaran, (4) Analisis marjin dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukan: di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar memiliki 4 pola saluran pemasaran wortel. Pola saluran I : petani - pedagang besar luar kota - pedagang pengecer luar kota – konsumen luar kota. Pola saluran II: petani - pedagang pengumpul - pedagang besar luar kota - pedagang pengecer luar kota - konsumen luar kota. Pola saluran III : petani - pedagang pengumpul - pedagang pengecer - konsumen. Pola saluran IV: petani - pedagang pengecer - konsumen. Berdasarkan persentase margin pemasaran dan farmer’s share diketahui bahwa saluran pemasaran yang ke IV adalah saluran pemasaran yang paling efisien dengan margin pemasaran sebesar Rp. 2.467 dengan persentase margin pemasaran sebesar 10,66% dan farmer’s share sebesar 69,3%. Kata Kunci: Pemasaran Wortel, Efisiensi Pemasaran, Snowball Sampling, Farmer’s Share, Marjin Pemasaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 13 Feb 2019 03:41
    Last Modified: 13 Feb 2019 03:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43245

    Actions (login required)

    View Item