PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOCK DIENES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN TERHADAP ANAK TUNARUNGU KELAS IV SLB NEGERI SRAGENTAHUN AJARAN 2018/2019

Kusumaningtyas, Yustinizar (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOCK DIENES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN TERHADAP ANAK TUNARUNGU KELAS IV SLB NEGERI SRAGENTAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (470Kb)

    Abstract

    Yustinizar Kusumaningtyas K5114054. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Block Dienes dalam Meningkatkan Prestasi Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Campuran pada Siswa Tunarungu Kelas IV SLB Negeri SragenTahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi, Surakata : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaaan media pembelajaran block dienes dalam meningkatkan prestasi belajar matematika materi operasi hitung campuran pada anak tunarungu kelas IV SLB Negeri Sragen tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian berjumlah lima anak tunarungu kelas IV di SLB Negeri Sragen. Pengumpulan data menggunakan obeservasi dan didukung oleh tes uraian sebagai data primer. Analisis data menggunakan statistik nonparametric uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan bantuan software SPSS 24. Hasil analisis data deskriptif diperoleh nilai rata- rata pretest untuk tes uraian sebesar 29 dan posttest sebesar 38 Hasil analisis statistic skala nonparametric dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh nilai skala

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 12 Feb 2019 14:40
    Last Modified: 12 Feb 2019 14:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43242

    Actions (login required)

    View Item