ANALISIS KOHESI LEKSIKAL DAN GRAMATIKAL PADA TEKS NARASI KARYA SISWA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA JAWA KELAS VII DI SMP

Setyaningrum, Windi (2019) ANALISIS KOHESI LEKSIKAL DAN GRAMATIKAL PADA TEKS NARASI KARYA SISWA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA JAWA KELAS VII DI SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Windi Setyaningrum. K4214055. ANALISIS KOHESI LEKSIKAL DAN GRAMATIKAL PADA TEKS NARASI KARYA SISWA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR KELAS VII DI SMP. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2018. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) bentuk penggunaan kohesi gramatikal dan leksikal pada teks cerita pengalaman karya siswa, (2) bentuk kesalahan penggunaan kohesi gramatikal dan leksikal pada teks cerita pengalaman karya siswa, (3) relevansi teks cerita pengalaman yang telah dianalisis kohesi gramatikal dan leksikalnya sebagai bahan ajar menulis teks cerita pengalaman di SMP. Metode yang digunakan dalam peneltian ini deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa bentuk penggunaan dan bentuk kesalahan penggunaan aspek kohesi gramatikal dan leksikal pada teks cerita pengalaman karya siswa kelas VII. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dokumen berupa teks cerita pengalaman karya siswa dan informan yaitu siswa, guru dan ahli bahasa. Teknik pengumpulan data melalui penugasan bagi siswa untuk menulis teks cerita pengalaman, dan wawancara dengan para informan. Validitas data diperoleh dari triangulasi teori, data, pengembangan member check dan review informan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis (1) bentuk kohesi gramatikal yaitu 686 data pengacuan, 356 data perangkaian, 22 data pelesapan, dan 14 data penyulihan, sedangkan bentuk kohesi leksikal yaitu 18 data sinonimi, 12 data repetisi, 8 data kolokasi, 6 data ekuivalensi, 4 data antonimi, dan 1 data hiponimi, (2) bentuk kesalahan penggunaan kohesi gramatikal dan leksikal masih banyak ditemukan terutama pada penggunaan konjungsi, (3) hasil analisis teks cerita pengalaman karya siswa yang sudah dianalisis kohesi gramatikal dan leksikalnya relevan sebagai referensi materi ajar menulis teks cerita pengalaman di SMP, karena dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Jawa khususnya keterampilan menulis siswa. Kata kunci: Kohesi leksikal dan gramatikal, kesalahan penggunaan kohesi leksikal dan gramatikal, teks narasi cerita pengalaman, materi ajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 12 Feb 2019 14:40
    Last Modified: 12 Feb 2019 14:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43240

    Actions (login required)

    View Item