Hubungan Pemberian ASI Eksklusif dan Lingkar Kepala dengan Perkembangan Motorik Bayi Usia 6-12 Bulan di Surakarta Jenis Dokumen

Utami, Siwi Hesti (2019) Hubungan Pemberian ASI Eksklusif dan Lingkar Kepala dengan Perkembangan Motorik Bayi Usia 6-12 Bulan di Surakarta Jenis Dokumen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (424Kb)

    Abstract

    Pendahuluan: Perkembangan motorik perlu diperhatikan untuk mendeteksi ada tidaknya keterlambatan dalam perkembangan bayi yang dapat berpengaruh terhadap potensinya di masa mendatang. Perkembangan motorik dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu pemberian ASI eksklusif dan lingkar kepala. Laktosa, taurin, asam dokosaheksaenoat, dan asam arakidonat yang banyak terdapat dalam ASI berperan penting dalam perkembangan motorik bayi. Lingkar kepala berkaitan dengan perkembangan otak yang merupakan salah satu organ pengendali motorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian ASI eksklusif dan lingkar kepala dengan perkembangan motorik bayi usia 6-12 bulan di Surakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain studi cross sectional. Subjek penelitian adalah bayi berusia 6-12 bulan di Wilayah Puskesmas Gajahan dan Puskesmas Ngoresan Surakarta yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian dilakukan dengan mengolah data wawancara, pengukuran lingkar kepala, dan penilaian perkembangan motorik. Sampel penelitian berjumlah 84 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil: Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian ASI eksklusif (p<0,001; OR=9,88) dengan perkembangan motorik bayi usia 6-12 bulan. Tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara lingkar kepala (p=0,208; OR=5,35), pemberian MPASI (p=0,242; OR=0,52), jenis kelamin (p=0,400; OR=1,59), dan usia (p=0,432; OR=0,65) dengan perkembangan motorik bayi usia 6-12 bulan. Kesimpulan: Bayi berusia 6-12 bulan yang diberi ASI eksklusif dan memiliki ukuran lingkar kepala normal berpeluang lebih besar untuk mengalami perkembangan motorik sesuai umur. Kata Kunci: ASI eksklusif, lingkar kepala, perkembangan motorik bayi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 12 Feb 2019 14:26
    Last Modified: 12 Feb 2019 14:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43233

    Actions (login required)

    View Item