PENGARUH DISIPLIN SISWA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN AJARAN 2017/2018

TRIYATMOKO, NOVI (2019) PENGARUH DISIPLIN SISWA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (68Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Novi Triyatmoko. K7614034. PENGARUH DISIPLIN SISWA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui dan menguji pengaruh disiplin siswa dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban, 2) mengetahui dan menguji pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban, dan 3) mengetahui dan menguji pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojoloaban Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah sampel propotional random sampling. Jumlah sampel adalah 119 responden. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda sebesar Y = 12,883 + 0,372X1 + 0,363X2. Koefisien regresi bernilai positif artinya disiplin siswa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan lingkungan sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini berarti semakin baik disiplin siswa mengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar siswa dan semakin tinggi pengaruh lingkungan sekolah mengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) disiplin siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,000<0,05), (2) lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,000<0,05), (3) disiplin siswa dan lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,019<0,05) dan nilai R square sebesar 53,3%. Hal ini menunjukkan bahwa 53,3% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh disiplin siswa dan lingkungan sekolah, sedangkan sisanya sebesar 46,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Kata kunci: disiplin siswa, lingkungan sekolah, prestasi belajar. ABSTRACT Novi Triyatmoko. K7614034. THE INFLUENCE OF STUDENT DISCIPLINE AND SCHOOL ENVIRONMENT TOWARD THE LEARNING ACHIEVEMENT OF ECONOMICS IN CLASS XI IPS SMA NEGERI 1 MOJOLABAN IN THE ACADEMIC YEAR 2017/2018. Thesis, Surakarta: The Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Sebelas Maret Surakarta, December 2018. The aims of this research are: 1) to determine the influence of student discipline toward the learning achievement of economics in class XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban, 2) to determine the influence of school environment toward the learning achievement of economics in class XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban, and 3) to determine the influence of student discipline and school environment toward the learning achievement of economics in class XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban. This research is a quantitative research. The population of the research was Class XI IPS in SMA Negeri 1 Mojolaban in the academic year of 2017/2018. The sampling technique used was propotional random sampling. The number of samples was 119 respondents. The data collection methods used were interview questionnaire and documentation. The data analysis technique used was multiple linear regression. The result of the research shows that the equity of the multiple regression is Y = 12,883 + 0,372 X1 + 0,363 X2. The regression coefficient is positive which means that student discipline is positively and significantly influential toward the learning achievement of the students and school environment is positively and significantly influential toward the learning achievement of the students. It means that the better student discipline is, the higher the students’ learning achievement will be and the higher the influence of school environment is, the higher the students’ learning achievement will be. Based on the result of the research, it can be concluded that: (1) student discipline is positively and significantly influential toward the learning achievement of the students which is shown by the probability value of <0.05 (0.000<0.05), (2) school environment is positively and significantly influential toward the learning achievement of the students which is shown by the probability value of <0.05 (0.000<0.05), (3) student discipline and school environment simultaneously is positively and significantly influential toward the learning achievement of the students which is shown by the probability value of <0.05 (0.019<0.05) and R square value of 53.3%. It is shown that 53.3% of the learning achievement of the students is influenced by student discipline and school environment, while the rest which is 46.7% is influenced by other factors not mentioned in this research. Keywords: Student Discipline, School Environment, Learning Achievement.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 12 Feb 2019 14:21
    Last Modified: 12 Feb 2019 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43228

    Actions (login required)

    View Item