EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA “BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN SIKAP BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI KARTASURA 01

NIRWANA, NITA (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA “BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN SIKAP BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI KARTASURA 01. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (251Kb)

    Abstract

    Nita Nirwana. K3512048. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA “BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN SIKAP BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI KARTASUA 01. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2018. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah salah satu sarana pendidikan yang mendukung proses pembelajaran yang dibentuk menjadi sebuah media belajar. Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu aspek pembelajaran efektif yang dapat meningkatkan prestasi dan sikap belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan terhadap prestasi dan sikap belajar siswa antara media buku dengan media pembelajaran interaktif “Bangun Datar dan Bangun Ruang”. Partisipan penelitian sebanyak 44 siswa kelas 5 dari Sekolah Dasar Negeri Kartasura 01 yang terletak di Jl.Slamet Riyadi No.250. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, tidak terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara media buku dengan media pembelajaran interaktif “Bangun Datar dan Bangun Ruang”. Kedua, terdapat perbedaan sikap belajar siswa antara media buku dengan media pembelajaran interaktif “Bangun Datar dan Bangun Ruang”. Ketiga, terdapat peningkatan prestasi belajar siswa antara media buku dengan media pembelajaran interaktif “Bangun Datar dan Bangun Ruang”. Keempat, terdapat peningkatan sikap belajar siswa antara media buku dengan media pembelajaran interaktif “Bangun Datar dan Bangun Ruang”. Saran dari penelitian ini adalah lebih baik dilakukan lebih dari dua kali frekuensi penelitian serta menyediakan 1 perangkat unuk 1 kelompok agar siswa dapat mencoba secara merata. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, prestasi belajar, sikap belajar vii

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 12 Feb 2019 14:21
    Last Modified: 12 Feb 2019 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43227

    Actions (login required)

    View Item