Analisis Pembelajaran Sejarah di Kelas X Digital SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

P., MEGANTA DESY (2019) Analisis Pembelajaran Sejarah di Kelas X Digital SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (91Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Meganta Desy Puspitasari. K4411039. ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH di KELAS X DIGITAL SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pembelajaran sejarah di Kelas X Digital SMA Negeri 6 Surakarta (2) kendala dan solusipembelajaransejarah di Kelas X Digital SMA Negeri 6 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Surakarta, dengan subjek penelitian yaitu kelas X IPA Digital dan kelas X IPS Digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan tunggal terpancang. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) informan, meliputi guru sejarah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana, tim kelas digital dan siswa kelas digital; (2) tempat, peristiwa atau aktivitas, dan (3) dokumen atau arsip. Teknik Cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) wawancara; (2) observasi, dan (3) analisis dokumen. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif model interaktif yakni analisis data yang bergerak di antara tiga komponen yakni meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Pembuatan perencanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 6 Surakarta di Kelas X Digital berbasis kurikulum 2013 yang berpedoman pada silabus Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran Sejarah di kelas X digital sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru yang terdiri dari tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang mencakup kegiatan 5M, dan kegiatan penutup. Guru dan siswa menggunakan laptop dan jaringan internet dalam pembelajaran. Evaluasi pembelajaran sejarah di kelas X digital SMA N 6 Surakarta meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.Guru melaksanakan evaluasi menggunakan edmodo untuk soal pilihan ganda dan soal uraian menggunakan kertas.(2) Kendala dan solusi di Kelas X digital yaitu koneksi internet yang sering mengalami gangguan solusinya siswa membawa modem sebagai alat penyedia sinyal internet ke laptop dan jika gangguan koneksi internet terjadi pada ssat evaluasi maka siswamengerjakan dengan kertas dan adanya kendala kerusakan LCD maka diatasi dengan memindahkan pelajaran ke kelas lain, laboratorium bahasa atau laboratorium komputer.Kendala yang ketiga, adanya penggunaan aplikasi edmodo untuk evaluasi yang belum optimal solusinya guru bertanya kepada tim kelas digital dan mengikuti pelatihan edmodo. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Kelas Digital. ABSTRACT MegantaDesyPuspitasari. K4411039. HISTORY LEARNING ANALYSIS IN CLASS X DIGITAL OF SMA NEGERI 6 SURAKARTA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of SebelasMaret University, Surakarta, March 2018. This study aims to identify (1) history learning process in Class X Digital of SMA Negeri 6 Surakarta In Academic Year 2016/2017 (2) problems and solution of history learning process in Class X Digital of SMA Negeri 6 Surakarta In Academic Year 2016/2017. This study used descriptive qualitative method, was conducted in SMAN 6 Surakarta class X IPA Digital and class X IPS Digital. This research study used a single stuck approach. The sources of data in this research were informants, place and event or activity, documents or archives. Purposive sampling is used as the snippet technique. Data collection techniques which is used are interviews, observation, and document analysis. Data validation in this research used source and method triangulation. Interactive model is used as data analysis techniques that include data collection, data reduction, data presentation, and conclusion or verification. The results of this research show that (1) Making history learning plan in SMA Negeri 6 Surakarta in Class X Digital based on 2013 Curriculum. Implementation of learning History in digital class X at SMAN 6 Surakarta is in line with the implementation of learning implementation plan (RPP), consisting of three stages: preliminary activities, core activities including 5M and closing activities. Evaluation of history learning in digital class X of SMA N 6 Surakarta includes cognitive, affective, and psychomotor aspects dealing with the teacher evaluation in using Edmodo for the multiple choice question and paper for essay questions (2) Constraints and solutions in digital X Class are internet connections that often experience a disruption in the solution students bring modems as internet signal providers to laptops and if internet connection disruptions occur during evaluation, students work on paper and the LCD damage is overcome by moving the lesson to another class, language laboratory or computer laboratory. The third obstacle is the use of the Edmodo application for evaluation that has not been optimal. The solution is for the teacher to ask the digital class team and take part in edmodo training. . Keywords: History Learning, Digital Class.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 12 Feb 2019 14:10
    Last Modified: 12 Feb 2019 14:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43222

    Actions (login required)

    View Item