PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERBIMBING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X IPA 4 SMA N 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AHYAR, LULUK NUR (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERBIMBING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X IPA 4 SMA N 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (350Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Luluk Nur Ahyar. K3314031. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERBIMBING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X IPA 4 SMA 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Desember 2018. Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving Terbimbing berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada sub materi Hukum – hukum Dasar Kimia di kelas X IPA 4 SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Satu siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X IPA 4. Teknik analisis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, angket serta tes. Data bersumber dari guru dan siswa. Penelitian menunjukkan hasil penerapan model pembelajaran Problem Solving Terbimbing berbantuan LKS pada sub materi Hukum – hukum Dasar Kimia dapat meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa serta telah mencapai target. Persentase siswa kategori kemampuan analisis tinggi pada materi pengetahuan umum pada siklus I sebesar 57.14% dan pada siklus II sebesar 85.71%, sedangkan pada materi hukum – hukum dasar kimia siklus I sebesar 57.14% dan siklus II sebesar 82.86%. Persentase ketercapaian aspek pengetahuan siklus I yaitu 57,14% dan 82,26% pada siklus II. Persentase ketercapaian aspek sikap pada siklus I adalah 94,28% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Persentase aspek keterampilan siklus I yaitu 71,48% Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Problem Solving Terbimbing, Kemampuan Analisis, Prestasi Belajar, Hukum – hukum Dasar Kimia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 12 Feb 2019 14:10
    Last Modified: 12 Feb 2019 14:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43221

    Actions (login required)

    View Item