Lesson Study dalam Mewujudkan Profesionalisme Guru Akuntansi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

HASAN, IMAM (2019) Lesson Study dalam Mewujudkan Profesionalisme Guru Akuntansi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (253Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan implementasi lesson study dalam mengembangkan kompetensi guru akuntansi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta; 2) mendeskripsikan kendala-kendala dalam implementasi lesson study pada program keahlian akuntansi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Latar penelitian di SMK Muhammadiyah Wonosari dan SMK YPKK 1 Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, ketua kompetensi keahlian akuntansi, guru akuntansi dan peserta didik akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus tipe instrumental tunggal. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman/model interaktif. Teknik ini memiliki beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan penarikan Kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa implementasi lesson study dalam mengembangkan kompetensi guru akuntansi dengan cara meningkatkan kerja sama. Guru belajar bersama dan bekerja secara kolaboratif. Pertama, proses pengembangan kompetensi pedagogik terlihat dari semakin siapnya guru dalam mempersiapkan pengajarannya, melaksanakan pengajaran sesuai kondisi dan karakteristik peserta didik dan melakukan evaluasi atas pengajaran yang telah dilakukan. Kedua, proses pengembangan kompetensi profesional juga tampak dari seriusnya mereka dalam mempersiapkan materi pelajaran yang relevan, aktual dan kontekstual, mengajarkannya dengan menghubungkan pada kehidupan sehari-hari, serta melakukan evaluasi agar tetap terjaga kualitas materinya. Ketiga, proses pengembangan kompetensi sosial terlatih dengan semakin seringnya mereka berkomunikasi secara efektif, baik dengan sesama guru dan dengan peserta didik. Komunikasi tersebut akan mendorong kecakapan sosial guru menjadi semakin baik. Keempat, proses pengembangan kompetensi kepribadian ditunjukkan dengan sikap guru yang semakin bijaksana dan berwibawa dalam mengelola kegiatan belajar mengajar (KBM). Hal ini membuktikan bahwa lesson study memberikan banyak keuntungan bagi guru akuntansi, namun pelaksanaan lesson study juga tidak terlepas dari kendala-kendala. Terdapat enam macam kendala yang dihadapi guru. Kendala ini berkaitan dengan proses persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pelajaran dan pembelajaran. Selain itu, kendala juga muncul pada proses interaksi sosial. Kata kunci: siklus lesson study, kompetensi guru, pembinaan profesionalisme guru

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 12 Feb 2019 14:11
    Last Modified: 12 Feb 2019 14:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43219

    Actions (login required)

    View Item