STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN DRILL AND PRACTICE DILENGKAPI MEDIA KEY RELATION-CHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA

KHOERUNNISA, FIRSTMA (2019) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN DRILL AND PRACTICE DILENGKAPI MEDIA KEY RELATION-CHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (147Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Firstma Khoerunnisa. K3311030. STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN DRILL AND PRACTICE DILENGKAPI MEDIA KEY RELATION-CHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas sebelas Maret Surakarta. Juni 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada pembelajaran kimia materi pokok Termokimia dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Drill and Practice. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIA semester ganjil SMA negeri Ajibarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen I yang dikenai model pembelajaran Think Pair Share dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen II yang dikenai model pembelajaran Drill and Practice. Teknik pengumpulan data prestasi belajar aspek pengetahuan menggunakan metode tes objektif, prestasi belajar sikap menggunakan angket dan observasi, sedangkan aspek ketrampilan menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Drill and Practice memberikan prestasi belajar aspek pengetahuan yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran Think Pair Share. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t pihak kanan menggunakan software SPSS 16 diperoleh signifikansi 0,0675. Hasil tersebut lebih besar dari 0,05 sehingga Ho diterima. Hal ini disebabkan karena dalam model pembelajaran Drill and Practice dilakukan latihan terus menerus sehingga siswa lebih paham cara menyelesaikan soal termokimia. Untuk aspek sikap dan ketrampilan, apabila dihitung menggunakan software SPSS 16 antara kelas eksperimen I yang dikenai model pembelajaran Think Pair Share dengan kelas eksperimen II yang dikenai model pembelajaran Drill and Practice tidak ada perbedaan. Maknanya, kedua model pembelajaran tidak memiliki pengaruh yang berbeda terhadap aspek sikap dan ketrampilan. Kata Kunci : Think Pair Share, Drill and Practice, Key Relation-Chart, Termokimia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 12 Feb 2019 14:04
    Last Modified: 12 Feb 2019 14:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43218

    Actions (login required)

    View Item