Pengaruh Minat Membaca dan Model PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS SMAN 2 Sukoharjo

S, FEBBI ANTIKHA I (2019) Pengaruh Minat Membaca dan Model PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS SMAN 2 Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Febbi Antikha Indah Saputri. K8414018. PENGARUH MINAT MEMBACA DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh antara minat membaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo. (2) Pengaruh antara model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo. (3) Pengaruh antara minat membaca dan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 136 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 40 siswa diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, adanya pengaruh positif yang signifikan antara minat membaca dengan kemampuan berpikir kritis siswa dengan angka koefisiensi sebesar 0,541. Sehingga semakin tinggi minat membaca siswa maka semakin meningkat kemampuan berpikir kritisnya. Kedua, adanya pengaruh positif yang signifikan antara model PBL dengan kemampuan berpikir kritis siswa dengan angka koefisiensi sebesar 0,473. Sehingga semakin sering menggunakan model PBL maka semakin meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Ketiga, adanya pengaruh positif yang signifikan antara minat membaca dan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan angka koefisiensi sebesar 0,567. Sehingga semakin tinggi minat membaca bersamaan dengan penggunaan model PBL akan semakin meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Membaca, Model Problem Based Learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 12 Feb 2019 14:04
    Last Modified: 12 Feb 2019 14:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43216

    Actions (login required)

    View Item