Pengaruh Lokus Pengendalian dan Keaktifan Akademik Terhadap Pretasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

PANTARI, DEA IZZA (2019) Pengaruh Lokus Pengendalian dan Keaktifan Akademik Terhadap Pretasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Dea Izza Pantari. K7414013. PENGARUH LOKUS PENGENDALIAN DAN KEAKTIFAN AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi ada tidaknya (1) pengaruh antara lokus pengendalian terhadap prestasi belajar; (2) pengaruh antara keaktifan akademik terhadap prestasi belajar; dan (3) pengaruh antara lokus pengendalian dan keaktifan akademik terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan Tahun 2015, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan jumlah sampel acak sebesar 46 mahasiswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel lokus pengendalian dan keaktifan akademik. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar mahasiswa. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara lokus pengendalian terhadap prestasi belajar (thitung = 4,474 > ttabel = 1,68107, p = 0,000). Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan akademik terhadap prestasi belajar (thitung = 7,117 > ttabel = 1,68107, p =0,000). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara lokus pengendalian dan keaktifan akademik terhadap prestasi belajar (Fhitung = 41,591 > Ftabel = 3,21, p= 0,000). Lokus pengendalian dan keaktifan akademik merupakan kinerja yang ditampilkan oleh mahasiswa dalam mencapai prestasi belajar yang optimal. Lokus pengendalian mencerminkan kepercayaan diri, pengendalian diri, resistensi kritik, motivasi belajar, dan penyesuaian diri mahasiswa dalam mencapai orientasi tujuan pembelajaran. Keaktifan akademik mencerminkan aktualisasi diri untuk mencapai prestasi belajar yang optimal yang meliputi aspek keaktifan perilaku, kognitif, emosional, dan keagenan. Kata Kunci: lokus pengendalian, keaktifan akademik, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 08 Feb 2019 11:00
    Last Modified: 08 Feb 2019 11:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43215

    Actions (login required)

    View Item