Optimalisasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal dengan Model Project Based Learning (PjBL) dan Media Modul Digital untuk Meningkatkan Toleransi Beragama dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018

WIDIASTUTI, RIA (2019) Optimalisasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal dengan Model Project Based Learning (PjBL) dan Media Modul Digital untuk Meningkatkan Toleransi Beragama dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (93Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ria Widiastuti. K4414040. OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN MEDIA MODUL DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI BERAGAMA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penilian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan toleransi beragama melalui penerapan pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan media modul digital dalam pembelajaran sejarah; 2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan media modul digital dalam pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah kelas X IPS 3 SMAN 3 Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, penyebaran angket, tes, dan dokumentasi. Validitas diuji menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif komparatif dan metode analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran sejarah berbasis kearifan lokal dengan model Project Based Learning (PjBL) dan media modul digital dapat meningkatkan toleransi beragama kelas X IPS 3 SMAN 3 Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase jumlah siswa yang memiliki toleransi beragama dengan kategori tinggi yaitu 53,33% pada prasiklus, meningkat menjadi 73,33% pada siklus I, dan 86,67% pada siklus II. Rata-rata pencapaian indikator toleransi beragama juga mengalami peningkatan dari 68,17% pada prasiklus, menjadi 75,09% pada siklus I, dan 81,78% pada siklus II. Pencapaian indikator toleransi beragama tersebut sudah melampaui target yang ditetapkan yaitu > 79%. 2) Penerapan pembelajaran sejarah berbasis kearifan lokal dengan model Project Based Learning (PjBL) dan media modul digital dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS 3 SMAN 3 Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dengan kategori tinggi yaitu 23,33% pada prasiklus, meningkat menjadi 53,33% pada siklus I, dan 80,00% pada siklus II. Rata-rata pencapaian indikator kemampuan berpikir kritis juga mengalami peningkatan dari 61,42% pada prasiklus, menjadi 78,17% pada siklus I, dan 84,08% pada siklus II. Pencapaian indikator kemampuan berpikir kritis tersebut sudah melampaui target yang ditetapkan yaitu > 79%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran sejarah berbasis kearifan lokal dengan model Project Based Learning dan media modul digital mampu meningkatkan toleransi beragama; 2) penerapan pembelajaran sejarah berbasis kearifan lokal dengan model Project Based Learning dan media modul digital mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: pembelajaran berbasis kearifan lokal, Project Based Learning (PjBL), modul digital, toleransi beragama, kemampuan berpikir kritis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 08 Feb 2019 10:55
    Last Modified: 08 Feb 2019 10:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43214

    Actions (login required)

    View Item