Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Sejarah Berbasis Teknologi dan Informasi (IT) di SMA Assalaam Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018

RAHMAWATI, DIANY TRI (2019) Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Sejarah Berbasis Teknologi dan Informasi (IT) di SMA Assalaam Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Diany Tri Rahmawati. KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS TEKNOLOGI DAN INFORMASI (IT) DI SMA ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember, 2018. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) pemahaman guru sejarah terhadap pengembangan pembelajaran berbasis IT, (2) implementasi pengembangan pembelajaran berbasis IT dalam pembelajaran sejarah di SMA Assalaam Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018, (3) upaya yang ditempuh untuk mengatasi hambatan dalam implementasi pengembangan pembelajaran berbasis IT dalam pembelajaran sejarah di SMA Assalaam Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu cara dalam meneliti suatu peristiwa dengan menghasilkan data-data deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif, yaitu teknik analisis yang bergerak di antara tiga komponen yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Guru Sejarah di SMA Assalam Sukoharjo memahami bahwa pembelajaran berbasis IT adalah pembelajaran yang memanfaatkan piranti IT yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Guru memahami bahwa dalam pelajaran sejarah sangat tepat jika diajarkan dengan menggunakan pembelajaran berbasis IT, (2)Pengembangan pembelajaran sejarah berbasis IT di SMA Assalaam Sukoharjo terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan pembelajaran sejarah berbasis IT dimulai dengan penyusunan perangkat pembelajaran berupa RPP, PROTA, PROMES, dan SILABUS, tahap pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis IT diterapkan dengan guru menggunakan media pengajaran berbasis IT berupa slide powerpoint, penyajian gambar, dan pemutaran film dokumenter, tahap evaluasi pembelajaran sejarah berbasis IT dilaksanakan melalui penilaian sesuai dengan ketentuan penilaian pada Kurikulum 2013, yakni penilaian pada kompetensi dasar spiritual, sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau software penilaian khusus yang berbasis online atau SIAKAD (3) kendala yang ditemui dalam mengembangkan pembelajaran sejarah berbasis IT adalah kurangnya akses siswa terhadap internet dan lab komputer, upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan terus berusaha menambah fasilitas laboraturium komputer, dan pihak sekolah secara berkala mengadakan pelatihan untuk guru yang berkaitan dengan pengembangan berbasis IT, sehingga kemampuan dan keterampilan guru dapat terus bertambah. Kata kunci: kompetensi guru, pembelajaran berbasis IT, pembelajaran sejarah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 08 Feb 2019 10:42
    Last Modified: 08 Feb 2019 10:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43212

    Actions (login required)

    View Item