PENERAPAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018

RAHMADI, GILANG (2019) PENERAPAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (181Kb)

    Abstract

    Gilang Rahmadi. K1514034. PENERAPAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar siswa yang meliputi ranah pengetahuan dan ranah keterampilan serta Peningkatan keaktifan siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dengan Metode Pembelajaran Number Head Together (NHT) Di Kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas X DPIB SMK Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 34 siswa dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari penilaian hasil belajar yang meliputi pengetahuan dan keterampilan serta keaktifan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa dalam ranah pengetahuan dan keterampilan didapatkan data sebaga berikut, yaitu pada saat pra siklus sebesar 31% (10 siswa) yang nilainya di bawah KKM, sedangkan pada Siklus I mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan 91,18 % (31 siswa dari 34 siswa). Pada siklus II didapat rata-rata siswa sebesar 89,45 degan persentase ketuntasan 97 % (33 siswa dari 34 siswa). Keaktifan siswa pada pra siklus cenderung pasif karena hasil prosentase siswa aktif hanya sebesar 38,24%, hal ini masih jauh dari target ketuntasan keaktifan siswa yaitu sebesar 80%. Setelah diterapkan metode pembelajaran Number Head Together (NHT) pada siklus I prosentase siswa aktif sebesar 68,75%. Pada siklus II prosentase siswa aktif meningkat lagi menjadi 82,35%. Dengan demikian, Metode Pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 5 Surakarta. Kata Kunci: Number Head Together (NHT), Hasil Belajar, Keaktifan Siswa, Mekanika Teknik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 08 Feb 2019 10:26
    Last Modified: 08 Feb 2019 10:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43209

    Actions (login required)

    View Item