PENGARUH PEMANFAATAN SITUS GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA

A, ITA MARSHELITA (2019) PENGARUH PEMANFAATAN SITUS GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (311Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ita Marshelita Arumdani. PENGARUH PEMANFAATAN SITUS GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pemanfaatan situs google sebagai sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta TahunPelajaran 2016/2017. (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Pengaruh pemanfaatan situs google sebagai sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan uji hipotesis. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelas XI IPS yang berjumlah 86siswa. Sampel yang diambil sebanyak 86 siswa dengan teknik Total Sampling (Complete Enumeration). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan situs google sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Surakarta diperoleh hasil nilai thitung situs google sebagai sumber belajar yaitu 3,144, sedangkan nilai ttabel sebesar 1,989, sehingga diperoleh hasil bahwa 3,144>1,989. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Surakarta dengan diperoleh nilai thitung variabel motivasi berlajar yaitu sebesar 2,258 sedangkan nilai ttabel sebesar1,988, sehingga diperoleh hasil bahwa 2,258>1,989. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan situs google sebagai sumber belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Surakarta ditunjukan dengan nilai Fhitung sebesar 16,224, sedangkan nilai Ftabel sebesar 3,107, sehingga diperoleh hasil bahwa 16,224>3,107. Besarnya pengaruh variabel pemanfaatan situs google sebagai sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik yang diperoleh dari perhitungan R square sebesar 28,1%, sedangkan sisanya (100% - 28,1% = 71,9%) dipengaruhi oleh sebab-sebab lain seperti faktor lingkungan belajar di sekolah, faktor lingkungan keluarga, minat belajar, media pembelajaran dan lain sebagainya. Kata Kunci: Situs Google sebagai sumber belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar ABSTRACT Ita Marshelita Arumdani.THE EFFECT OF UTILIZING GOOGLE SITES AS LEARNING RESOURCE AND MOTIVATION TO STUDY ACHIEVEMENT OFECONOMIC COURSE AT CLASSES OF SOCIAL SCIENCE XI SMA NEGERI 3 SURAKARTA. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of SebelasMaret University, Surakarta. July 2018. The purpose of this study is to determine: (1) The influence of the use of google site as a source of learning and motivation on learning achievement in the subjects of Economics classes of social science XI SMA Negeri 3 Surakarta Lesson Year 2016/2017. (2) The influence of learning motivation on the achievement of learning in the subjects in Economics classes of social science XI SMA Negeri 3 Surakarta Lesson Year 2016/2017. (3) The influence of the use of google site as learning resource and motivation on the achievement of learning in the subjects Economics classes of social science XI SMA Negeri 3 Surakarta Lesson 2016/2017. This research is a quantitative descriptive research by doing hypothesis test. This research is located at SMA Negeri 3 Surakarta. The population in this study were students of classes social science XI which amounted to 86 students. Samples taken as many as 86 students with total sampling technique (Complete Enumeration). The data collection technique used is questionnaire or questionnaire. Data analysis technique used is multiple regression. The results showed that: (1) There is a positive and significant influence between the use of google site as a source of learning on the achievement of learning in the economic subjects of classes social science XI in SMA Negeri 3 Surakarta obtained tcount value of confidence of 3.144, while the value of ttable of 1.989, obtained result that 3,144> 1,989. (2) There is a positive and significant influence between learning motivation on learning achievement on economic subjects of classes social science XI in SMA Negeri 3 Surakarta obtained the value of tcount variable achievement motivation that is equal to 2,258 while ttable value 1,989, obtained result that 2,258> 1,989. (3) There is a positive and significant influence between the use of google site as a source of learning and learning motivation together to the achievement of learning on the economic subjects of classes social science XI in SMA Negeri 3 Surakarta is shown with Fhitung value of 16,224, while the Ftabel value of 3.107, because of 16,224> 3,107. The amount of influence of variable use of google site as a source of learning and motivation to learn achievement learners derived from R square calculation of 28.1%, while the rest (100% - 28.1% = 71.9%) is influenced by the causes such as school environment factors, family environment factors, interest in learning, learning media and so forth. Keywords: Google Sites as learning resources, Learning Motivation, Learning Achievement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 08 Feb 2019 10:22
    Last Modified: 08 Feb 2019 10:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43208

    Actions (login required)

    View Item