Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Berbagai Bentuk Pecahan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI SD Negeri Karangasem IV No 204 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

SUPRIHATIN, RETNO (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Berbagai Bentuk Pecahan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI SD Negeri Karangasem IV No 204 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    Retno Suprihatin. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Berbagai Bentuk Pecahan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI SD Negeri Karangasem IV No 204 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemapuan pemahanan konsep operasi hitung berbagai bentuk pecahan siswa kelas VI SDN Karangasem IV No. 204 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari dua pertemuan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN Karangasem IV No. 204 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri dari empat tahab yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung berbagai bentuk pecahan siswa kelas VI SDN Karangasem IV No. 204 Surakarta. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas kemampuan pemahaman konsep operasi hitung berbagai bentuk pecahan siswa pada pratindakan adalah 61,42 dengan ketuntasan klasikal 39,39% meningkat menjadi 79,17 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 75,76%. Kemudian pada akhir siklus II, nilai rata-rata kemampuanpemahaman konsep operasi hitung berbagai bentuk pecahan siswa meningkat menjadi 86,42 dengan ketuntasan klasikal 90,91%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Feb 2019 11:29
    Last Modified: 04 Feb 2019 11:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43203

    Actions (login required)

    View Item