Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture dan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Puisi (Penelitian Eksperimen Kelas V SD Se-Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

AUDINA, RESTI (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture dan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Puisi (Penelitian Eksperimen Kelas V SD Se-Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (203Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Resti Audina. K7114138 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MINAT BACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian Eksperimen Kelas V SD Se-Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan keterampilan menulis puisi antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran picture and picture dan model pembelajaran concept sentence; 2) mengetahui perbedaan keterampilan menulis puisi antara siswa yang memiliki minat baca tinggi dan minat baca rendah; dan 3) mengetahui interaksi model pembelajaran dan minat baca terhadap keterampilan menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental desain 2 x 2 faktorial. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-kecamatan Laweyan Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang terpilih dan digunakan dalam penelitian ini adalah SD Sondakan sebagai kelompok eksperimen, SD Mangkuyudan sebagai kelompok kontrol, dan SD Bratan II sebagai kelompok uji coba. Teknik pengumpulan data keterampilan menulis puisi menggunakan teknik tes dalam bentuk soal esai mengarang puisi dan minat baca menggunakan teknik non tes berupa angket minat baca. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Variansi Dua Jalan dan uji pasca Anava (Metode Scheffe) dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) ada perbedaan keterampilan menulis puisi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Concept Sentence, ditunjukkan dengan FA = 22,38 > F0,05;1,57 = 4,01; 2) ada perbedaan keterampilan menulis puisi antara siswa yang memiliki minat baca tinggi dengan siswa yang memiliki minat baca rendah, ditunjukkan dengan FB = 44,07 > F0,05;1,57 = 4,01; dan 3) ada interaksi antara model pembelajaran dan minat baca terhadap keterampilan menulis puisi, ditunjukkan dengan FAB = 4,14 > F0,05;1,57 = 4,01. Hasil uji lanjut menunjukkan Kata kunci: picture and picture, concept centence, minat baca, keterampilan menulis puisi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Feb 2019 11:23
    Last Modified: 04 Feb 2019 11:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43201

    Actions (login required)

    View Item