IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI KONSEP REDOKS KELAS X MIPA SMA BATIK 1 SURAKARTA

wULANDA, PUPUT ISTIKA (2019) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI KONSEP REDOKS KELAS X MIPA SMA BATIK 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (10Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) adanya miskonsepsi siswa pada materi konsep redoks di kelas X MIPA SMA Batik 1 Surakarta, (2) sub indikator materi konsep redoks yang menjadi miskonsepsi siswa terbesar di kelas X MIPA SMA Batik 1 Surakarta, dan (3) penyebab miskonsepsi siswa pada materi konsep redoks di kelas X MIPA SMA Batik 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian terdiri dari siswa kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta dengan keseluruhan sampel berjumlah 123 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui data hasil tes diagnostik three-tier multiple choice, wawancara mendalam (wawancara guru dan siswa), analisis RPP serta studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian terdiri dari pengelompokkan data, penyajian data, verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ditemukan adanya miskonsepsi siswa pada materi konsep redoks di kelas X MIPA SMA Batik 1 Surakarta; (2) miskonsepsi siswa pada materi konsep redoks terbesar di kelas X MIPA SMA Batik 1 Surakarta ditemukan pada sub indikator penerapan dan persamaan reaksi redoks yaitu sebesar 46,89%; (3) penyebab miskonsepsi siswa pada materi konsep redoks di kelas X MIPA SMA Batik 1 Surakarta yaitu berasal dari siswa, guru, model pembelajaran, serta buku pegangan guru dan siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Feb 2019 11:23
    Last Modified: 04 Feb 2019 11:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43198

    Actions (login required)

    View Item