Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Melalui Pendekatan Bermain Pada Anak Tunagrahita Kelas IV SDLB Hamong Putro Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019

I, MAHYAN PRAHMADANY (2019) Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Melalui Pendekatan Bermain Pada Anak Tunagrahita Kelas IV SDLB Hamong Putro Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (58Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mahyan Prahmadany Imas K4612095 UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS IV SDLB HAMONG PUTRO SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 208/2019, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2018. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomor meliputi jalan, lari dan lompat untuk anak tunagrahita melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV SDLB Hamong Putro Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDLB Hamong Putro Sukoharjo yang berjumlah 7 Siswa yang terdiri dari 4 siswa putera dan 3 siswa puteri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotorf dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif pada Siklus I dari 6 siswa mencapai 85,7% atau sebanyak 6 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 100% atau semua siswa telah mencapai kriteria tuntasdengan KKM 75. Simpulan penelitian ini adalah dengan pendekatan bermaindapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor pada siswa kelas IV SDLB Hamong Putro Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci:Hasil Belajar, Gerak Dasar lokomotor, Anak Tungrahita, Pendekatan Bermain

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Feb 2019 11:12
    Last Modified: 04 Feb 2019 11:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43196

    Actions (login required)

    View Item