ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKN (JAMINAN KESEHATAN NASIONAL) RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI PUSKESMAS INDUK KOTA SURAKARTA

AINURRIDHA, M (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKN (JAMINAN KESEHATAN NASIONAL) RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI PUSKESMAS INDUK KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (90Kb)

    Abstract

    Sejak tahun 2013 telah berlaku jaminan kesehatan nasional (JKN) sebagai program penjaminan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia dengan sistem asuransi. Program ini dilaksanakan di seluruh fasilitas kesehatan milik pemerintah, salah satunya adalah puskesmas. Dalam standar pelayanan kefarmasian di puskesmas, perlu dilakukan suatu evaluasi pelayanan, salah satu bentuknya yaitu survei kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kepuasan pasien JKN rawat jalan terhadap pelayanan farmasi di puskesmas induk kota Surakarta, mengetahui aspek yang perlu mendapat prioritas perbaikan dan mengetahui adakah hubungan antara karakter sosiodemografi pasien dengan tingkat kepuasannya. Penelitian bersifat deskriptif non-eksperimental menggunakan metode survei. Kepuasan pasien dinilai dari hasil penyebaran kuesioner yang memuat 5 dimensi kepuasan (Servqual) kepada 398 pasien di 15 puskesmas induk kota Surakarta. Profil kepuasan diukur dengan metode indeks kepuasan pelanggan (IKP). Aspek yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan dianalisis dengan metode IPA (Importance-Performance Analysis). Sedangkan untuk menguji hubungan antara karakter pasien dan tingkat kepuasannya menggunakan uji Chi-square dan Kolmogorov-smirnov Hasil penelitian menunjukkan IKP total sebesar 81,80 (sangat memuaskan) untuk pelayanan farmasi di seluruh puskesmas induk. Sedangkan skor IKP masing-masing dimensi kepuasan dari paling tinggi ke paling rendah berturut-turut yaitu assurance 83,250 (sangat memuaskan), empathy 82,820 (sangat memuaskan); reliability 81,313 (sangat memuaskan); dimensi tangible 80,920 (memuaskan) dan dimensi responsiveness 80,669 (memuaskan). Analisis IPA menunjukkan bahwa terdapat 5 indikator dari pelayanan farmasi yang perlu diprioritaskan untuk perbaikan. Adapun hasil analisis Chi-square dan Kolmogorov-smirnov menunjukan tidak ada hubungan signifikan antara karakter sosiodemografi pasien dengan tingkat kepuasannya pada pelayanan farmasi di puskesmas induk kota Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Farmasi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Feb 2019 11:12
    Last Modified: 04 Feb 2019 11:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43195

    Actions (login required)

    View Item