Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Kerajaan-Kerajaan Islam Terintegrasi Nilai-Nilai Serat Sabdajati dengan Pendekatan VCT untuk Meningkatkan Ketaatan Religius Siswa

FAUZIYYAH, FIDA INDRA (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Kerajaan-Kerajaan Islam Terintegrasi Nilai-Nilai Serat Sabdajati dengan Pendekatan VCT untuk Meningkatkan Ketaatan Religius Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (214Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fida Indra Fauziyyah. S861608006. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Kerajaan-Kerajaan Islam Terintegrasi Nilai-Nilai Serat Sabdajati melalui Pendekatan VCT untuk Meningkatkan Ketaatan Religius Siswa. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Warto, M.Hum. Pembimbing II: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Serat Sabdajati merupakan salah satu kesusastraan Jawa Kuno yang diciptakan oleh pujangga Keraton Surakarta, Raden Ngabehi Ronggowarsito. Di dalam serat ini terdapat nilai-nilai luhur yang berisi tentang hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan sesama manusia dan hubungan manusia dengan lingkungannya. Nilai-nilai tersebut sangat relevan untuk dijadikan sebuah model pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya pada nilai-nilai religiusnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan model pembelajaran Sejarah yang selama ini digunakan di SMA Negeri Kerjo, Karanganyar; (2) mendeskripsikan desain hasil pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai-Nilai Serat Sabdajati yang diterapkan untuk peserta didik; (3) mendeskripsikan efektivitas model (final) pembelajaran sejarah kerajaan-kerajaan Islam terintegrasi nilai-nilai Serat Sabdajati untuk meningkatkan ketaatan religius. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD). Metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat. Tahap penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall terdapat sepuluh langkah. Sesuai dengan kebutuhan, sepuluh langkah tersebut disederhanakan menjadi tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran, dan tahap evaluasi (uji efektifitas model). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Kerjo, Karanganyar, dengan menggunakan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 3 sebagai kelas experimen. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Hasil uji efektifitas prestasi (kognitif) menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Hal itu ditunjukkan bahwa hasil uji T dengan taraf signifikansi sebesar 0,005 dengan taraf signifikansi 0,005 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata antara kelas eksperimen dan kontrol setelah perlakuan. Uji T untuk penilaian sikap diperoleh nilai mean atau rerata sebesar 6,111 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,025 (0,000 > 0,025), maka Ho ditolak atau rerata sebelum dan sesudah perlakuan tidak sama. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran sejarah terintegrasi nilai-nilai Serat Sabdajati untuk meningkatkan ketaatan religius peserta didik. Dengan demikian Model Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai-Nilai Serat Sabdajati efektif untuk Meningkatkan Ketaatan Religius Siswa. Kata Kunci: Serat Sabdajati, model pembelajaran sejarah, ketaatan religius, Ronggowarsito, dan macapat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Feb 2019 10:57
    Last Modified: 04 Feb 2019 10:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43186

    Actions (login required)

    View Item