TEROR KEBENCIAN BERKEDOK AGAMA (Analisis Framing Pemberitaan Isu Teror Kebencian Kelompok Muslim Cyber Army (MCA) di Media Online Tribunnews.com dan CNNIndonesia.com Periode Januari–April 2018)

SETYAJI, EKO HARI (2019) TEROR KEBENCIAN BERKEDOK AGAMA (Analisis Framing Pemberitaan Isu Teror Kebencian Kelompok Muslim Cyber Army (MCA) di Media Online Tribunnews.com dan CNNIndonesia.com Periode Januari–April 2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3949Kb)

    Abstract

    ABSTRAK EKO HARI SETYAJI, D0214034, TEROR KEBENCIAN BERKEDOK AGAMA (Analisis Framing Pemberitaan Isu Teror Kebencian Kelompok Muslim Cyber Army (MCA) di Media Online Tribunnews.com dan CNNIndonesia.com Periode Januari – April 2018), Skripsi, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, 2018. Pilkada serentak dan pemilu serentak membuat kontestasi politik semakin memanas. Diawali lewat kasus penistaan agama Ahok, pertarungan politik negeri ini mulai melirik isu SARA sebagai kendaraannya – dan media pun mem-blow up isu tersebut. Gelombang isu SARA banyak beredar di media sosial. Munculnya produsen berita ujaran kebencian, hoaks, dan SARA seperti Saracen dan belakangan Muslim Cyber Army (MCA) atau The Family Muslim Cyber Army (MCA) yang berkedok agama semakin memperkeruh suasana. Khusus untuk MCA, kelompok ini mengaku membela muslim dan menganggap pendukung Jokowi & Ahok sebagai “cebonger” sebagai “musuh mereka”. MCA bekerja memproduksi kontennya secara tertutup dan kemudian menyebarkan ideologi lewat konten yang dibuat di media sosial Facebook dan WhatsApp. Ribuan orang menjadi pengikut grup yang terafiliasi dengan MCA. Hal inilah yang menjadi keresahan di masyarakat, karena konten yang mereka sebarkan bersifat ujaran provokatif, bernada kebencian dan hoaks seputar kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI), penganiayaan ulama, penyerangan nama baik presiden, hingga tokoh-tokoh tertentu. Penelitian ini didasarkan pada minat penulis untuk mengkaji lebih detail bagaimana pembingkaian pemberitaan seputar kelompok MCA di media online. Penulis memilih Tribunnews.com dan CNNIndonesia.com sebagai objek penelitiannya karena kedua media tersebut termasuk sering diakses oleh pembaca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan teori dan analisis framing model Robert N. Entman. Model ini dirasa tepat lantaran mampu menggali bagaimana kedua media tersebut membingkai permasalahan, menjelaskan sumber permasalahan, memberikan penilaian moral, serta penyelesaian masalah yang ada. Hasil kesimpulan pada analisis penelitain ini menjelaskan memang ada perbedaan dari kedua media online tersebut terkait pembingkaian kasus isu teror kebencian oleh kelompok MCA ini. Tribunnews.com membingkainya sebagai bentuk politisasi agama. Sedangkan disisi lain, CNNIndonesia.com membingkainya sebagai kegagapan pemerintah dalam mengayomi masyarakat, karena pemerintah dianggap kewalahan menghadapi aksi kelompok MCA. Kata kunci: framing, Muslim Cyber Army (MCA), teror kebencian, agama, media online

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Feb 2019 10:57
    Last Modified: 04 Feb 2019 10:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43183

    Actions (login required)

    View Item