Responsivitas Dinas Perdagangan Kota Surakarta Dalam Penataan Pedagang Pasar Klewer (Penelitian Pada Pedagang Pelataran)

KIRANA, BENI ANDANG (2019) Responsivitas Dinas Perdagangan Kota Surakarta Dalam Penataan Pedagang Pasar Klewer (Penelitian Pada Pedagang Pelataran). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1841Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Beni Andang Kirana, D0114025, Responsivitas Dinas Perdagangan Kota Surakarta Dalam Penataan Pedagang Pasar Klewer (Penelitian Pada Pedagang Pelataran). Skripsi, Jurusan Ilmu Administrasi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2018. Pasar Klewer merupakan pasar tradisional yang memiliki jumlah pedagang yang cukup banyak yang berpartisipasi mengikuti kegiatan berlangsungnya pasar. Oleh karena itu diperlukan penataan pedagang yang tertib,rapi, aman dan nyaman yang dilaksanakan Dinas Perdagangan Kota Surakarta selaku penanggungjawab. Namun dalam pelaksanaan penataannya masih ditemukan keluhan masalah yang dianggap mengganggu penataan, seperti isu penyalahgunaan kepemilikan lapak serta kurang tertibnya pedagang dalam menempatkan barang dagangannya sehingga mengganggu kenyamanan. Penelitian ini bertujuan menganalisis responsivitas yang diberikan Dinas Perdagangan Kota Surakarta dalam penataan pedagang pelataran Pasar Klewer. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya diperoleh dari informan, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi langsung dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber merupakan tehnik yang menguji kebenaran data dari berbagai sumber informan, keabsahan data akan dianggap semakin valid apabila data tersebut mempunyai banyak kesamaan dengan berbagai pihak. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa responsivitas yang diberikan Dinas Perdagangan sudah cukup baik dalam penataan pedagang pelataran Pasar Klewer, hal tersebut dapat dilihat dari 5 indikator: (1) Terdapat ada tidaknya keluhan. (2) Sikap Dinas dalam merespon keluhan. (3) Referensi perbaikan atas keluhan yang ada . (4) Tindakan Dinas untuk memberikan kepuasan pelayanan. (5) Dalam hal penempatan masyarakat dalam sistem pelayanan yang berlaku. Untuk mendukung penataan pedagang pelataran Pasar Klewer yang tertib, rapi, aman dan nyaman diperlukan sosialisasi secara berkala terkait peraturan yang harus ditaati pedagang serta pemenuhan fasilitas pendukung keamanan pada penyediaan gudang penyimpanan barang sementara di tempat dasaran pelataran. Kata Kunci: Responsivitas, Penataan Pedagang

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Feb 2019 10:50
    Last Modified: 04 Feb 2019 10:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43182

    Actions (login required)

    View Item