ANALISIS STILISTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM CERKAK PANJEBAR SEMANGAT EDISI AGUSTUS - OKTOBER 2016 SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN KELAS X

S, AGUSTINA KARTIKA (2019) ANALISIS STILISTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM CERKAK PANJEBAR SEMANGAT EDISI AGUSTUS - OKTOBER 2016 SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN KELAS X. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (222Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Agustina Kartika Sari. K4213004. ANALISIS STILISTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM CERKAK PANJEBAR SEMANGAT EDISI AGUSTUS − OKTOBER 2016 SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS X. Skripsi, Surakarta: Pendidikan Bahasa Jawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) gaya kata, majas, dan citraan dalam cerkak Panjebar Semangat edisi Agustus − Oktober 2016; (2) nilai pendidikan dalam cerkak Panjebar Semangat edisi Agustus − Oktober 2016; (3) relevansigaya kata, majas, citraan, dan nilai pendidikan dalamcerkak Panjebar Semangat edisi Agustus − Oktober 2016 sebagai materi pembelajaran bahasa Jawa kelas X. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis dokumen. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat yang mengandung stilistika dan nilai pendidikan dengan sumber data yaitu cerkak Panjebar Semangat edisi Agustus − Oktober 2016, serta informan yang merupakan narasumber yaitu siswa, guru, dan ahli bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan dokumen serta wawancara dengan narasumber. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber data dan teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari empat komponen yaitu: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) sajian data; (4) penarikan kesimpulan dengan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian data disimpulkan bahwa (1) gaya kata yang ditemukan dalamcerkak Panjebar Semangat edisi Agustus − Oktober 2016, berupa kata konkret, kata seru, serapan, nama diri atau sapaan khas, dan kata vulgar; (2) majas yang ditemukan dalamcerkak Panjebar Semangat edisi Agustus − Oktober 2016, berupamajas simile, personifikasi, alusio, eponim, sinisme, sarkasme, dan hiperbola; (3) citraan yang ditemukan dalamcerkak Panjebar Semangat edisi Agustus − Oktober 2016, berupa citraan penglihatan, pendengaran, penciuman, dan gerak. Selain itu, nilai pendidikan yang ditemukan pada cerkak Panjebar Semangat edisi Agustus − Oktober 2016: (1) nilai religius; (2) nilai moral; (3) nilai sosial; dan (4) nilai budaya. Analisis stilistika dan nilai pendidikan dalam cerkak Panjebar Semangat edisi Agustus − Oktober 2016 ini relevan sebagai materi pembelajaran bahasa Jawa tetapi perlu dilakukan pemilihan karena tidak semua cerkakterdapat nilai-nilai pendidikan yang dapat digunakan sebagai materi pembelajaran bahasa Jawa kelas X. Kata kunci: gaya kata, majas, citraan, nilai pendidikan, materi pembelajaran bahasa Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Feb 2019 10:50
    Last Modified: 04 Feb 2019 10:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43179

    Actions (login required)

    View Item