ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI REDOKS MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES THREE TIER MULTIPLE CHOICE DI KELAS X SMA NEGERI 1 SRAGEN

AFIFA, FATIYA NURUL (2019) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI REDOKS MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES THREE TIER MULTIPLE CHOICE DI KELAS X SMA NEGERI 1 SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (86Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagian materi konsep reduksi dan oksidasi yang terjadi miskonsepsi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sragen; (2) persentase siswa kelas X SMA Negeri 1 Sragen yang mengalami miskonsepsi pada materi konsep reduksi dan oksidasi. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif (descriptive approach) yang dilaksanakan dengan tes diagnostik menggunakan instrumen three tier multiple choice. Untuk mendukung hasil tes diagnostik dalam analisis miskonsepsi dilakukan wawancara mendalam dan analisis dokumen sebagai data sekunder. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sragen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Miskonsepsi pada materi konsep reduksi dan oksidasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sragen terjadi pada bagian materi subkonsep pelepasan dan pengikatan oksigen, kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi, penentuan bilangan oksidasi, penentuan reduktor dan oksidator, reaksi autoredoks dan aplikasi redoks dalam kehidupan sehari-hari. (2) Persentase siswa kelas X SMA Negeri 1 Sragen yang mengalami miskonsepsi materi konsep reduksi dan oksidasi adalah sebanyak 32,72% siswa. Persentase miskonsepsi yang terjadi pada subkonsep pelepasan dan pengikatan oksigen 29,45%, kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi 29,06%, penentuan bilangan oksidasi 28,92%, penentuan reduktor dan oksidator 40,11%, reaksi autoredoks 34,75% dan aplikasi redoks dalam kehidupan sehari-hari 71,19%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 23 Jan 2019 15:58
    Last Modified: 23 Jan 2019 15:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43177

    Actions (login required)

    View Item