Penerapan Media Diorama Melalui Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Kelompok B TK Marsudisiwi Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018

CAHYANT, RESMIATI DWI (2019) Penerapan Media Diorama Melalui Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Kelompok B TK Marsudisiwi Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Resmiati Dwi Cahyanti. K8114056. PENERAPAN MEDIA DIORAMA MELALUI METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B TK MARSUDISIWI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada anak kelompok B TK Marsudisiwi Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Peningkatan keterampilan menyimak tersebut dilakukan melalui penerapan media diorama melalui metode bercerita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Marsudisiwi Surakarta dengan jumlah 15 anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan di setiap siklusnya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes atau unjuk kerja. Teknik uji validitas data yang digunakan berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan nilai keterampilan menyimak dari pratindakan yaitu sebesar 16,67%. Hasil pratindakan menunjukkan bahwa keterampilan menyimak anak masih rendah. Hasil tindakan pada siklus 1 pertemuan I sebesar 26,67% dan siklus 1 pertemuan II sebesar 33,33%. Terdapat perbadaan dari hasil pratindakan dengan tindakan siklus 1, pengaruh dari penerapan media diorama memberikan peningkatan hasil persentase yang signifikan. Pada siklus 2 pertemuan I hasil penelitian sebesar 53,33%, dan siklus 2 pertemuan II sebesar 80%. Media diorama memberikan pengaruh terhadap keterampilan menyimak anak yang lebih signifikan pada setiap tindakan yang dilakukan. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan penelitian selama dua siklus memperoleh hasil bahwa melalui penerapan media diorama dengan metode bercerita mampu meningkatkan keterampilan menyimak pada anak kelompok B TK Marsudisiwi Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci : media diorama, metode bercerita, keterampilan menyimak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 23 Jan 2019 15:37
    Last Modified: 23 Jan 2019 15:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43174

    Actions (login required)

    View Item