Proses Pembelajaran Menggambar Ekspresi pada Anak Kelompok B di TK Desa Wirun 03 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018.

P, BRILIANA MUFTIKA (2019) Proses Pembelajaran Menggambar Ekspresi pada Anak Kelompok B di TK Desa Wirun 03 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3188Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1). Proses pembelajaran menggambar ekspresi di TK Desa Wirun 03 Mojolaban; 2). Visualisasi gambar ekspresi yang dihasilkan oleh anak dan; 3). Hambatan dan keberhasilan proses pembelajaran menggambar ekspresi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggambar ekspresi melalui beberapa langkah: 1). Guru membuka pelajaran dengan melakukan kegiatan tanya jawab; 2) Guru menerangkan materi pembelajaran dengan metode bercerita; 3) Anak diberi tugas menggambar dan mewarnai; 4) Guru mengulas kembali materi pembelajaran; 5). Guru memberikan evaluasi. Bentuk gambar visual yang dihasilkan oleh anak menunjukkan ekspresi dan kreativitas yang beragam. Keberhasilan dari penelitian kualitatif ini adalah bertambahnya wawasan anak dan anak lebih bebas berekspresi pada gambarnya. Hambatan dari penelelitian ini adalah guru masih terbatas dalam menggunakan media pembelajaran dan beberapa anak masih takut dan malu untuk mengekspresikan idenya dalam menggambar. Kata kunci: proses, pembelajaran, menggambar, menggambar ekspresi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 23 Jan 2019 15:33
    Last Modified: 27 Jan 2019 18:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43173

    Actions (login required)

    View Item