Hubungan Intensitas Mengikuti Ekstrakurikuler Teater dan Keaktifan Belajar dengan Kemandirian Anggota Teater Citra Mandiri SMA N 2 Surakarta

Riyanto, Setya Oscar (2019) Hubungan Intensitas Mengikuti Ekstrakurikuler Teater dan Keaktifan Belajar dengan Kemandirian Anggota Teater Citra Mandiri SMA N 2 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (256Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Setya Oscar Riyanto. K8414047. HUBUNGAN INTENSITAS MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER TEATER DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN ANGGOTA TEATER CITRA MANDIRI SMA NEGERI 2 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara: (1) intensitas mengikuti ekstrakurikuler teater dengan kemandirian belajar siswa; (2) keaktifan belajar dengan kemandirian belajar siswa; (3) intensitas mengikuti ekstrakurikuler teater dan keaktifan belajar dengan kemandirian belajar siswa. Teori yang digunakan adalah teori sosialisasi oleh James W. Vander Zanden yaitu tentang proses sosialisasi dapat mempengaruhi perilaku dan kepribadian siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Teater Citra Mandiri SMA N 2 Surakarta Tahun Ajaran 2018 / 2019 dengan jumlah 52 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 52 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan menggunakan model sampling jenuh/sensus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas mengikuti ekstrakurikuler teater dengan kemandirian belajar siswa. Dengan demikian semakin siswa intens dalam mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler teater maka kemandiriannya dalam belajar juga akan semakin meningkat; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara keaktifan belajar dengan kemandirian belajar siswa. Semakin siswa aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maka kemandirian belajar yang dimiliki siswa juga meningkat; (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas mengikuti ekstrakurikuler teater dan keaktifan belajar dengan kemandirian belajar siswa. Semakin siswa berpartisipasi serta intens untuk mengikuti berbagai kegiatan latihan dalam ekstrakurikuler teater dan selalu aktif dalam proses pembelajaran di kelas maka kemandirian yang dimiliki siswa juga akan semakin meningkat. Kata Kunci: Intensitas Ekstrakurikuler Teater, Keaktifan Belajar, Kemandirian Belajar. ABSTRACT Setya Oscar Riyanto. K8414047. THE CORRELATION BETWEEN THE INTENSITY IN JOINING THEATRE EXTRACURRICULAR ACTIVITY AND LEARNING ACTIVENESS WITH LEARNING INDEPENDENCE OF THE MEMBERS OF CITRA MANDIRI THEATRE SMA N 2 SURAKARTA. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University Surakarta, November 2018. This research aims to identify the correlation between: (1) the intensity in joining theatre extracurricular activitywith students’ learning independence; (2) the students’ learning activeness with students’ learning independence; (3) the intensity in joining theatre extracurricular activity and learning activeness with students’ learning independence. The theory used is the theory of socialization by James W. Vander about the socialization process that can affect the personality and behavior of student. The population of this research was the members of Citra Mandiri Theatre SMA N 2 Surakarta in the academic year of 2018/2019 which consist of 52 students. The sample was 52 students taken by Non-Probability sampling technique using census model. The method used in this research was descriptive with quantitative correlation analysis. The data were collected through a questionnaire method. The techniques for analyzing the data were correlation analysis technique and multiple regression correlation. According to the result of this research, it can be concluded that: (1) there is a positive and significant correlation between the intensity in joining theatre extracurricular activitywith students’ learning independence. When a student is more intents in joining theatre extracurricular activity, his learning independence will also be increased; (2) there is a positive and significant correlation between the students’ learning activeness with students’ learning independence. By being active in teaching and learning process in the classroom, the students’ learning independence can be increased; (3) there is a positive and significant correlation between the intensity in joining theatre extracurricular activity and learning activeness with students’ learning independence. When the students are more intents in participating in every exercise activity in the theatre extracurricular and always be actively participate in the teaching and learning process in the classroom, thus, their learning independence will be increased. Keywords: Intensity Theatre Extracurricular Activity, Learning Activeness, Learning Independence.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 23 Jan 2019 15:14
    Last Modified: 23 Jan 2019 15:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43169

    Actions (login required)

    View Item