Analisis Keterkaitan Mata Kuliah Prasyarat Dengan Pelaksanaan Praktik Industri Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS

Kirani, Tabhita (2019) Analisis Keterkaitan Mata Kuliah Prasyarat Dengan Pelaksanaan Praktik Industri Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (216Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tabhita Kirani. ANALISIS KETERKAITAN MATA KULIAH PRASYARAT DENGAN MATA KULIAH PRAKTIK INDUSTRI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FKIP UNS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, November 2018. Tujuan penelitian ini adalah, (1) mengetahui keterlibatan mahasiswa selama Praktik Industri, (2) mengevaluasi kemampuan yang dibutuhkan mahasiswa untuk Praktik Industri, (3) mengevaluasi kemampuan yang didapatkan dari mata kuliah prasyarat untuk diterapkan dalam Praktik Industri, (4) menganalisis keterkaitan antara mata kuliah prasyarat dengan pelaksanaan Praktik Industri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Data yang digunakan adalah penilaian hasil analisis isi dan hasil wawancara. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah (1) teknik sampel purposive yaitu teknik pengambilan data dengan pertimbangan tertentu yang digunakan untuk pengambilan data Rencana Pembelajaran Semester (RPS), (2) teknik sampel snowball yaitu teknik pengambilan sampel sumber data yang pada mulanya data masih sedikit dan kurang lengkap, sehingga data masih harus dicari lagi. Data yang diambil dengan teknik sampel snowball adalah laporan hasil Praktik Industri dan dari informan antara lain mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) keterlibatan mahasiswa selama Praktik Industri tidak lepas dari kemampuan mata kuliah pendukung, akan tetapi penerapannya kurang beragam, yang berarti bahwa rata-rata mahasiswa mengeksplorasi kemampuan yang hampir sama satu dengan yang lainnya, (2) kemampuan yang dibutuhkan mahasiswa untuk Praktik Industri beragam, disesuaikan dengan peranan dan tugas dari industri (3) mata kuliah prasyarat tidak mewadahi secara maksimal kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan mahasiswa untuk Praktik Industri (4) keterkaitan antara kemampuan dari mata kuliah pendukung dengan pelaksanaan Praktik Industri yang dikatakan cukup sesuai karena sebagian kemampuan yang dibutuhkan di lapangan tidak didapatkan di mata kuliah, dan kemampuan dari mata kuliah yang kurang diterapkan secara maksimal di lapangan. Kata Kunci : analisis isi, keterlibatan mahasiswa, mata kuliah prasyarat, Praktik Industri ABSTRACT Tabhita Kirani. ANALYSIS OF THE RELATION BETWEEN PREREQUISITE COURSES WITH INDUSTRY PRACTICES IN BUILDING ENGINEERING OF EDUCATION FKIP UNS. Skripsi, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, November 2018. The objectives of this research were, (1) to know students involvement for Industry Practices, (2) to evaluate the skills needed students to Industry Practices, (3) to evaluate the skills obtained from prerequisite courses to applied in Industry Practices, (4) to analyze the relation between prerequisite courses with the implementation of Industry Practices. This research used qualitative method with the approach of the content analysis. The data was an assessment of the content analysis results and the interview results. Sampling technique in this research were (1) the purposive sampling was sampling technique with certain considerations that were used for data retrieval Plan Learning Semester (RPS), (2) the snowball sampling was sampling technique data source that the data was still a bit and less complete, so that the data should be sought again. The data taken with the snowball sampling were the Industry Practices report and from the informants whom they were students of Building Engineering of Education. Based on the result of the study concluded that: (1) student involvement for Industry Practices didn’t be separated from the prerequisite courses skills, but the application was less diverse, which mean that the average of students exploring almost the same skills to each other, (2) the skills needed students to Industry Practices were diverse, appropriated with role and tasks from industry, (3) the prerequisite courses didn’t include the most skills needed students for Industry Practices, (4) the relation between prerequisite courses with the implementation of Industry Practices can be said to be quite fit, because some skills needed in Industry Practices didn’t obtain in courses, and the skills from the courses less optimally applied in Industry Practices. Keywords : content analysis, students involvement, prerequisite courses, Industry Practices.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 23 Jan 2019 10:32
    Last Modified: 23 Jan 2019 10:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43164

    Actions (login required)

    View Item