Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Ular Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa

Ramadani, Nia Nur (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Ular Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (84Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nia Nur Ramadani. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU ULAR TANGGA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. September 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris apakah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu ular tangga pintar dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas XI PM-1 SMK Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdapat empat tindakan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI PM-1 SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 32 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Sumber data didapat dari informan, tempat, peristiwa, dan dokumen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Teknik uji validitas data menggunakan pengujian validitas isi dengan menggunakan dua dari empat metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Indikator kinerja yang ditetapkan pada penelitian ini adalah 81%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu ular tangga pintar dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Peningkatan kemampuan kerjasama siswa mulai terjadi pada kegiatan pra tindakan ke siklus I. Pada siklus I, hasil peningkatan persentase rata-rata indikator kerjasama siswa dari hasil observasi sebesar 75,43% dan dari hasil penyebaran angket sebesar 73,40%. Hasil tersebut belum optimal dan belum mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Pada siklus II, hasil peningkatan persentase rata-rata indikator kerjasama siswa telah optimal dan telah mencapai target sebesar 89,03% dari hasil observasi dan sebesar 89,40% dari hasil penyebaran angket. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu ular tangga pintar dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas XI-PM 1 SMK Negeri 1 Sukoharjo. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, kemampuan kerjasama, ular tangga pintar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 23 Jan 2019 10:21
    Last Modified: 23 Jan 2019 10:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43162

    Actions (login required)

    View Item