Pengembangan Media Pembelajaran Modul Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Berbasis E-Publication untuk SMK Berdasarkan Gaya Belajar Siswa

ASTUTIK, FITRI DWI (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Modul Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Berbasis E-Publication untuk SMK Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (246Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fitri Dwi Astutik. K1514032. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH BERBASIS E-PUBLICATION UNTUK SMK BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan media pembelajaran modul Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah berbasis e-publication untuk SMK berdasarkan gaya belajar siswa dan (2) tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran modul Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah berbasis e-publication untuk SMK berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan media pembelajaran MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Diantara tahap-tahap MDLC adalah (1) Concept, menentukan tujuan dan siapa pengguna program. (2) Design, yaitu tahap pembuatan mengenai program, tampilan, dan kebutuhan material untuk program. (3) Material Collecting, yaitu tahap pengumpulan bahan sesuai dengan kebutuhan bahan yang dikerjakan.(4) Assembly, yaitu tahap pembuatan multimedia. (5)Testing, yaitu tahap pengujian program dan pengujian kepada ahli materi serta ahli media. (6) Distribution, yaitu tahap evaluasi produk kepada subyek. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X BKP SMKN 2 Surakarta pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah. Data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa calon pengguna media pembelajaran memiliha gaya belajar read sehingga modul yang dikembangkan berupa teks. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa smartphone dengan RAM 512 MB dapat digunakan. Hasil validasi ahli materi dan media diperoleh rata-rata prosentase sebesar 80,12 % dan termasuk dalam kategori sangat baik. Respon dari guru pengampu mata pelajaran dan siswa diperoleh ratarata prosentase sebesar 91,30% dan merupakan dalam kategori sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran berbasis e-publication yang telah dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan, media pembelajaran, e-publication, MDLC ABSTRACT Fitri Dwi Astutik. K1514032. DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA BASIC MODULES OF BUILDING CONSTRUCTION BASICS AND SOIL MEASUREMENT TECHNIQUES BASED ON E-PUBLICATION FOR VOCATIONAL BASED ON STUDENT LEARNING STYLES. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University Surakarta, October 2018. This research aims to determine (1) The process of media development learning modules of Building Construction Basics and Soil Measurement Techniques based on e-publication for Vocational based on student learning styles and (2) Level of feasibility of media development learning modules of Building Construction Basics and Soil Measurement Techniques based on epublication for SMK based on student learning styles. This kind of investigation is Research and Development that implemented using the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) learning media development model. The MDLC stages is (1) Concept, determine goals and who uses the program, (2) Design, it’s stage of program making, display and material needs for the program, (3) Material Collecting, it’s stage of collection materials according to the needs of the material being worked on, (4) Assembling, it’s stage of media creation, (5) Testing, it’s stage of program testing to material experts and media experts, (6) Distribution, which is the product evaluation stage to the subject. The subject of this research were students of class X BKP SMKN 2 Surakarta in the subjects of Building Construction Basics and Soil Measurement Techniques. Data obtained from observation, documentation and questionnaire. Data analysis techniques used qualitative descriptive. The result of this research showed that most of the prospective students of learning media users choosed learning styles to read so that the modules developed were in the form text. The yield of sytem testing indicated that a smartphone with 512MB RAM can be used. The result of the experts material and media validation obtained an average of 80.12% and included in the excellent category. The response of subject teachers and students were obtained by an average percentage of 91.30% and was in very good category. Thus e-publication based learning media that have been developed were declared feasible to use. Keywords : Development, learning media, e-publication, MDLC

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 23 Jan 2019 10:13
    Last Modified: 23 Jan 2019 10:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43160

    Actions (login required)

    View Item