Analisis Lokasi Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Blackspot) di Kota Surakarta Tahun 2018

Lufiana, Alfina (2019) Analisis Lokasi Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Blackspot) di Kota Surakarta Tahun 2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (143Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Alfina Lufiana. K5414006. ANALISIS LOKASI TITIK RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS (BLACKSPOT) DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui persebaran lokasi titik rawan kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan cluster analysis di Kota Surakarta. (2) mengetahui faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan pengelompokan data dan analisis fungsi spasial kernel density. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di Kota Surakarta dengan blackspot terpanjang pada jalan B. Slamet Riyadi, yaitu antara Simpang 3 Stasiun Purwosari sampai dengan Simpang 4 APILL Purwosari sepanjang 460 meter. Masih pada jalan yang sama, lokasi rawan dengan kepadatan tertinggi kedua yaitu, Simpang 3 Pengadilan Negeri Surakarta dengan panjang blackspot 396 m, Simpang 4 Jalan Yos Sudarso sepanjang 391 m di sekitar persimpangan, Simpang 4 KONI Sriwedari dengan panjang blackspot 385 m ke selatan, Simpang 4 APILL Sekarpace s/d Depan Taman Budaya Jawa Tengah dengan panjang blackspot 392 m dan Simpang Simpang 4 APILL Warung Pelem Jalan Ir. Juanda dengan panjang blackspot 289 m ke utara pada ruas jalan Urip Sumoharjo. (2) Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Kota Surakarta terbesar adalah manusia atau human eror,yaitu sebanyak 98,51% dan ketiga faktor penyebab lainnya hanya sebanyak 1,49%. Kejadian kecelakaan lintas di Kota Surakarta terjadi paling banyak fungsi jalan fungsi jalan lokal, yaitu sebesar 38% dan jalan kolektor yaitu, sebesar 33%, kondisi geometik jalan dengan kondisi permukaan jalan sedang dan baik, tipe jalan 4 lajur 2 arah terbagi dan 1 lajur 1 arah, serta terjadi pada karateristik jalan dengan jenis kendaraan yang melintas heterogen. Kesadaran berlalu lintas yang masih cukup rendah dan kurangnya mengutamakan hak pengguna jalan lain menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Kota Surakarta. Kata Kunci : kecelakaan lalu lintas, cluster, kernel density

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 23 Jan 2019 10:04
    Last Modified: 23 Jan 2019 10:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43158

    Actions (login required)

    View Item